Siapkan Sumber Karetan Menjadi Destinasi Wisata Andalan

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Warga Desa Tempurejo Kecamatan Plosoklaten bersama perangkat desa dan jajaran Muspika bergotong-royong membersihkan hutan lindung Sumber Karetan, Minggu (11/10). Rencananya, sumber ini akan dijadikan jujugan wisata. Kedepan, pengunjung akan disuguhi wisata air yang jernih yang langsung keluar dari sumber dan pohon pohon besar yang rindang.

Selain melakukan pembersihan hutan lindung, dalam acara ini juga dilakukan penanaman sejumlah bibit tanaman yang cocok hidup di sekitar pinggiran sungai, seperti bibit trembesi, bibit pohon jati dan bibit pohon sengon. Di hutan lindung ini terdapat beberapa sumber mata air yang biasa digunakan oleh petani sebagai sarana untuk irigasi sawah di sekitar Desa Tempurejo.

Kedepan pihak desa bersama kecamatan akan membangun destinasi wisata alam. Wisata ini nantinya akan menyuguhkan suasana asri dan rimbun karena di lokasi ini ditumbuhi pohon-pohon besar yang rindang, seperti pohon beringin yang sudah berusia ratusan tahun. Selain itu, juga terdapat beberapa anak sungai yang dialiri mata air setempat, sehingga airnya sangat jernih.

Pohon-pohon beringin yang berusia ratusan tahun ini disulap warga menjadi objek berswa foto yang menarik. Pohon dibuat menyerupai gua sehingga pengunjung bisa berjalan di dalamnya. Menurut Nasrudin, pengelola lokasi, hal ini dilakukan untuk mengangkat perekonomian warga sekitar serta membuat destinasi baru di Kecamatan Wates.

Keberadaan objek wisata baru ini nantinya juga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat Kabupaten Kediri untuk berlibur bersama keluarga. Letak objek wisata hutan lindung Sumber Karetan ini pun sangat strategis dan mudah dijumpai.

Hingga saat ini para warga, perangkat desa dan pihak kecamatan terus melakukan berbagai pembangunan serta renovasi di dalam objek wisata, seperti pembuatan gazebo, tempat berjualan, serta membuat spot-spot menarik untuk berswa foto. (ADV)

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date