Siapkan Rp 1,4 M, Ini Formasi Rekrutmen CPNS di Ponorogo

Ponorogo, koranmemo.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo langsung bergerak cepat, menyusul wacana pemerintah pusat yang akan membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) Oktober mendatang.

Tak tangung-tangung, Pemkab telah menyiapkan dana sedikitnya Rp 1,4 miliar untuk rekrutmen. Sementaran kepada Kementrian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kempan-RB), Pemkab mengusulkan 531 formasi CPNS dan P3K untuk dapat diisi dalam rekrutmen tahun ini. Usulan ini diklaim sesuai jumlah PNS yang pensiun tahun ini yakni 500 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Ponorogo, Winarko Arif mengatakan, dari 531 formasi itu sebanyak 177  formasi CPNS dan 345 formasi P3K.”  Untuk cpns  177 itu terdiri dari guru 92 orang, kesehatan 32 orang dan tenaga teknis 53 orang, sedangkan P3K  guru 207 orang kesehatan 71 orang dan tenaga teknis 67 orang,” ujarnya, Senin (9/9).

Winarko mengungkapkan, tahun ini formasi P3K dalam rekrutmen memang lebih banyak. Hal ini menyusul wacana Pemerintah yang akan menjadikan tenaga fungsional yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kesehatan sebagai P3K. Di Ponorogo sendiri tenaga  administrasi masih paling banyak yakni mencapai 30% dari total ASN Ponorogo.

” Memang  kedepan yang pling banyak dibutuhkan tenaga P3K, karena memang melihat bahwa kebutuhan dimasa yang akan datang tenaga-tenaga  fungsional terutama guru dan kesehatan.  Posisi saat ini yang paling banyak tenaga administrasi, di nasional termasuk Ponorogo sekitar 30 persen sedangkan nanti yang dibutuhkan 18 persen. Jabatan ini kini sudah digantikan oleh alat,” ungkapnya.

Sementara terkait usulan Pemkab, Winarko hingga kini belum tahu apakah usulan itu diterima Kemenpan-RB atau tidak. Pun dalam rapat terakhir pada Jumat (6/9) lalu, Kemenpan-RB  belum buka suara terkait usulan formasi pada rekrutmen yang diprediksi akan digelar usai penetapan kabinet baru Presiden Joko Widodo jilid II.” Belum ada jawaban. Kelihatanya habis penetapan kabinet menteri baru. Kalau BKN informasinya Oktober mendatang,” pungkas Winrako.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date