Siapkan Alat Berat Untuk Perbaiki Tanggul Jebol

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Untuk memperbaiki jebolnya tanggul Sungai Bendo Krosok di Banyakan, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri berencana mendatangkan alat berat. Tanggul yang rusak itu  sepanjang 30 meter,lebar tanggul 3 meter dan tinggi tanggul 3 meter.

Slamet Turmudi Kepala BPBD Kabupaten Kediri mengatakan perbaikan tanggul di Sungai Bendokrosok ini diperlukan tindakan yang lebih serius dan tidak mungkin mengandalkan tenaga manusia saja.Karena kondisi tanggul yang rusak berat ini butuh penahan yang kuat.

Penerapan dengan menggunakan alat berat agar tidak jebol lagi perlu dilakukan dengan maksud tanggul akan lebih kuat. Sungai bendo krosok ini merupakan pertemuan dua sungai diantara sungai Bendokrosok dan Bendomongal di Maron. Jika terjadi pecah tanggul akan berakibat sawah dan lahan warga sekitarnya terdampak banjir.

“Dalam dua hari ini kita lakukan perbaikan secara marathon untuk menanggulangi adanya banjir susulan. Karena curah hujan di Kabupaten Kediri saat ini masih tinggi dan lebat. Jika dibawah tidak hujan dan di lereng Wilis hujan maka jalur Sungai ini arus airnya akan deras dan menggerus tanggul sungai,’ ujarnya.

Slamet menambahkan, pengerjaan sementara agar tanggul tidak jebol dilakukan secara manual oleh warga, TNI dan Polri. Karena waktunya sangat mendesak dan khawatir jika ada banjir susulan dan tanggul jebol hingga warga di Perum Asabri dan warga Ngablak terdampak banjir.

“Dalam kondisi ini kami mencatat tidak ada korban jiwa dan masih mendata jumlah kerugian yang terjadi. Kami berharap warga cepat melapor jika terjadi bencana dan ini memudahkan koordinasi penanggulangan bencana,”imbuhnya.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date