Siapa yang bakal membawa Piala Dunia 2018, Perancis atau Kroasia

Rusia, koranmemo.com- Final Piala Dunia 2018 akirnya mencapai puncaknya, yang mempertemukan Prancis vs Kroasia di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018) pukul 22.00 WIB , Siapa yang bakal menjadi juara, semua akan menjadi catatan sejarah bagi kedua timnas.

Pertemuan Prancis dengan Kroasia ini pun langsung mengingatkan publik kepada duel panas keduanya di 1998. Mereka bertemu pada semifinal. Waktu itu Prancis menang 2-1 di kandangnya sendiri. Lilian Thuram menjadi pahlawan kemenangan dengan dua golnya di menit 47 serta 69, padahal Kroasia lebih dulu unggul lewan aksi Davor Suker.

Dua negara tersebut sama-sama belum pernah kalah selama Piala Dunia 2018. Namun, Prancis memiliki catatan lebih baik karena selalu menang pada tiga sejak babak 16 besar. Pertemuan Prancis dengan Kroasia ini pun langsung mengingatkan publik kepada Tepat 20 tahun berlalu, kini kesempatan bagi Kroasia menebus kegagalan atas Prancis. Dengan skuat yang mumpuni, misi balas dendam sangat mungkin diwujudkan.

Sadar Kroasia tidak punya runner atau pemain yang bisa membuat perbedaan dengan penetrasi kecepatan seperti Mbappe atau Griezmann, Kroasia mendasarkan ciri mereka kepada kolektivitas dan efisiensi di depan gawang.

Untuk menentukan siapa yang bakal menjadi juara memang banyak pengamat berbeda pendapat dengan juga berbagai asumsi dan data mereta. Krosia sebagai kuda hitam meski bias meredam motivasi Perancis yang ingin mengulang sejarah mereka, Untuk menentukan siapa yang berhasil nanti ada beberapa catatan data dan fakta kedua timnas.

Kedua negara baru bertemu 5 kali sebelumnya dengan 3 kemenangan bagi Perancis dan 2 laga berakhir imbang. Pada laga terakhir kedua tim Maret 2011 lalu, skor imbang 0-0 tanpa gol Pada 28 Mei 2000 silam Perancis sukses kalahkan Kroasia 2-0 dalam laga persahabatan.

Kedua negara sudah pernah bertemu diajang Piala Dunia edisi 1998 silam dibabak semifinal. Kroasia harus takluk 1-2 atas Perancis yang pada tahun tersebut sukses menjadi juara selaku tuan rumah.

Duo Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe menjadi top skor Perancis di turnamen kali ini berkal masing-masing 3 gol yang mereka ciptakam hingga jelang laga pamungkas ini. Sementara trio bek Benjamin Pavard, Samuel Umtiti serta Raphael Varane turut membantu dengan masing-masing 1 gol. Penyerang milik Atletico Madrid tersebut juga menjadi mesin assist berkat 2 assist yang ia berikan bagi rekan-rekannya, dibantu Olivier Giroud, Lucas Hernandez, serta Corentin Tolisso yang masing-masing mencatat 1 assist. Mario Mandzukic, Ivan Perisic serta Luka Modric sama-sama menorehkan 2 gol dalam membawa Kroasia melaju ke partai final Piala Dunia diiringi masing-masing 1 gol dari Milan Badelj dan Andrej Kramaric serta Domagoj Vida. Badelj, Mandzukic serta Modric juga mencatat 1 assist, sama dengan koleksi Marcelo Brozovic serta Mateo Kovacic.

Dari 6 laga yang dijalani tercatat gawang Hugo Lloris sudah kemasukan 4 gol yang terjadi di 2 laga. 3 diantaranya sukses mencetak clean sheet. Dirinya menjadi kiper yang melakukan clean sheet terbanyak bersama dengan kiper Uruguay Fernando Moslera serta Alissom Becker dan Robin Olsen yang merupakan kiper timnas Brasil dan Swedia.
Sementara kiper Kroasia Danijel

Subasic total sudah kemasukan 5 gol. Namun di dua laga awal babak fase grup kiper Monaco tersebut sukses membuat clean sheet saat hadapi Nigeria dan Argentina. Mencapai babak final Kroasia sukses mencetak rekor timnas sepanjang sejarah sejak mereka melepaskan diri dari Yugoslavia. Catatan terbaik negara sukses meraih posisi 3 pada Piala Dunia 1998 Perancis. Bahkan pada 2014 lalu Luka Modric dan kolega hanya bermain di babak fase grup saja. Kroasia tercatat sudah mencetak 19 gol yang sudah di cetak diajang Piala Dunia dan menjadi yang terbanyak setelah tuan rumah 18 gol. Sementara Perancis tercatat hanya mencetak 10 gol diajang Piala Dunia Rusia.

Bek tengah Perancis Benjamin Mendy dipastikan absen saat laga nanti setelah dikabarkan mengalami cedera.Kroasia juga masih dipastikan tidak akan diperkuat penyerang Nikola Kalinic yang masih belum pulih dari cedera.
Komposisi Pemain Timnas Perancis dan Kroasia Skuad Perancis : Formasi (4-3-2-1):
Kiper : Hugo Llroris (Tottenham Hotsopur), Steve Mandada (Marseille), Alphonse Areola (PSG). Bek : Benjamin Pavard (Stuttgart), Presnel Kimpembe (PSG), Raphael Varane (Real Madrid), Samuel Umtiti (Barcelona), Adil Rami (Marseille), Djibril Sidibe (Monaco), Lucas Hernandez (Atletico Madrid), Benjamin Mendy (Manchester City). Gelandang : Paul Pogba (Manchester United), Thomas Lemar (Atletico Madrid), Corentin Tolisso (Bayern Munchen), N’Golo Kante (Chelsea), Blaise Matuide (Juventus), Steven Nzonzi (Sevilla), Nabil Fekir (Lyon). Penyerang : Antoine Griezmann (Atlatico Madrid), Olivier Giroud (Chelsea), Kylian Mbappe (PSG), Ousmane Dembele (Barcelona), Florian Thauvin (Marseille). Skuad Kroasia : Formasi (4-3-2-1):
Kiper : Dominik Livakovic (Diamo Zagreb), Lovre Kalinic (Gent), Danijel Subasic (Monaco) Bek : Sime Vrsaljko (Atletico Madrid), Ivan Strinic (Sampdoria), Vedran Carluka (Lokomotiv Moscow), Dejan Lovren (Liverpool), Tin Jedvaj (Bayer Leverkusen), Duje Caleta Car (Red Bull Salzburg), Domagoj Vida (Besiktas), Josip Pivaric (Dynamo Kyiv). Gelandang : Ivan Perisic (Inter Milan), Ivan Rakitic (Barcelona), Mateo Kovacic (Real Madrid), Luka Modric (Real Madrid), Marcelo Brozovic (Inter Milan), Filip Bradaric (Rijeka), Milan Badelj (Fiorentina). Penyerang : Andrej Kramaric (Hoffenheim), Mario Mandzukic (Juventus), Ante Rebic (Eintracht Frankfurt), Marko Pjaca (Juventus).

Head To Head Perancis Vs Kroasia.
08 Juli 1998 : Perancis Vs Kroasia : 2-1 : FIFA Piala Dunia
13 November 2018 : Perancis Vs Kroasia : 3-0 Pertandingan Persahabatan
28 Mei 2000 : Perancis Vs Kroasia : 2-0 Pertandingan Persehabatan
17 Juni 2004 : Perancis Vs Kroasia : 2-2 UEFA Piala Eropa
29 Maret 2011 : Perancis Vs Kroasia : 2-2 Pertandingan Persahabatan

Dari berbagai sumber
Editor Bambang Iswahyoedhi

Follow Untuk Berita Up to Date