Siapa Balon Wabup Tulungagung Yang Bakal Mendamping Maryoto Birowo

Tulungagung, Koranmemo.com – Meski tiga bakal calon (balon) wakil bupati (wabup)  sudah diundang untuk mengikuti fit and proper test, belum tentu  secara otomatis  mereka akan mengantongi rekomendasi mendampingi Bupati Maryoto Birowo. Semua pendaftar  masih punya kans atau kesempatan yang sama.

Pernyataan itu diungkapkan pentolan Kawula Alit Tulungagung, Welly Suherman.  Welly sapaan akrabnya menganggap  belum tentu nama-nama yang diundang di DPP PDIP mendapat rekomendasi.  Bahkan,  bisa jadi malah di luar nama-nama yang mendaftar menjadi bakal calon orang nomor di lingkup Pemkab Tulungagung.

“Saya rasa semua masih bisa dipilih. Karena segala keputusan bakal calon yang mendapat rekomendasi  sebagai  bakal calon  wakil bupati berada di tangan DPP,” kata Welly, Jumat (03/01).

Percaturan bakal calon wakil bupati di Tulungagung  terus menjadi  perbincangan. Beberapa waktu lalu, ada  11 nama yang mendaftar. Beberapa di antaranya seperti  Tatang Suhartono, Sodik Purnomo, Suharminto hingga Bambang Agus Susetyo. Nama terakhir itu adalah  tokoh pendidikan asal Tulungagung yang moncer dengan  berbagai inovasinya di  bidang pendidikan.

Tiga nama yang mendapat undangan  di antaranya Tatang Suhartono yang juga ASN di Pemkab Tulungagung dan Suharminto serta Sodik Purnomo. Suharminto dan Sodik merupakan  kader  yang duduk di kepengurusan DPC PDIP Tulungagung.

Dijelaskan, semua kemungkinan bisa terjadi. DPP punya kewenangan penuh untuk menentukan siapa yang cocok atau layak mendapatkan restu guna mendampingi Maryoto Birowo. Sementara  pimpinan di daerah hanya melaksanakan keputusan partai.

Dan satu yang harus diketahui bahwasanya pendamping yang terpilih juga harus sejalan. Artinya bisa diajak kerjasama dengan Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo. Selai itu juga komitmen dan patuh dengan  partai. “Bupati dan wakil kan satu paket,” katanya.

Dirinya tidak bisa memprediksi siapakah calon terkuat yang punya kans kuat  mengantongi rekomendasi. Pasalnya, kewenangan penuh ada di DPP PDIP. Satu yang ditegaskan bahwasanya semua kandidat yang ada masih berpeluang mendapat rekomendasi partai.

“Termasuk di antaranya Bambang Agus Susetyo. Semuanya masih berpeluang,” katanya.

Seperti diketahui, hingga kini jabatan wakil bupati Tulungagung masih kosong. Maryoto Birowo yang sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati akhirnya menduduki bupati menggantikan Syahri Mulyo yang kesandung masalah di KPK.

Reporter Abdul Aziz Wahyudi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date