Shin Tae-yong Ubah Posisi Pemain U-19

Share this :

Kroasia, koranmemo.com – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong sedang mencari posisi yang pas untuk Braif Fatari. Belakangan, pemain muda Persija Jakarta dipasang sebagai striker.

Padahal, posisinya adalah gelandang serang sebagaimana saat Brait memerankan bersama Persija Jakarta. Meskipun demikian, dia cukup sukses dalam peran barunya menjadi second striker.

Braif pula yang mencetak gol penyeimbang Timnas U-19 kala menahan Arab Saudi 3-3, Jumat (11/9). Namun Shin Tae-yong belum memastikan peran dan posisi yang paling cocok untuk Braif.

“Mengenai posisi Braif, tidak bisa ditentukan dari sekarang. Karena situasi dan kebutuhan pertandingan akan berbeda-beda,” kata Shin Tae-yong, dalam video PSSI di Youtube, seperti dijurip dari laman detik.sport.

Baca Juga: Forkopimda Kota Malang Perketat Disiplin Bermasker

Alasan Shin Tae-yong mengubah posisi Braif, karena salah satu penggawa dalam masa recovery. “Saddam (Emiruddin Gaffar) staminanya sedang agak kurang baik, makanya Braif yang dimainkan (di posisi striker),” ujarnya.

Shin Tae-yong menjelaskan, peran Braif akan sangat tergantung strategi yang diterapkan dalam suatu pertandingan. Oleh karena itu, peran Braif pun masih sangat terbuka untuk berubah lagi dalam laga-laga selanjutnya.

Baca Juga: Tekan Penyebaran Covid-19, Gencar Lakukan Swab Massal

Timnas U-19 pun masih akan memainkan tiga laga ujicoba di Kroasia melawan Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb. Menarik untuk ditunggu peran seperti apa yang akan dijalani Braif dalam uji coba lainnya.

“Kami biasa memainkan formasi 4-4-2, lalu diubah menjadi 4-4-1-1 kalau Braif yang dipasang sebagai striker. Jadi, pemain dan formasi itu berbeda-beda, tergantung kesediaan dan kondisi pemain,” ucapnya.

Reporter: Okpriabdhu Mahtinu

Editor: Della Cahaya