Setubuhi Pelajar dan Curi Motor Tetangga, Begini Ulah Residivis Curanmor

Trenggalek, koranmemo.comEko Prasetyo (22) warga RT 09/RW 10 Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek harus kembali merasakan dinginnya di balik jeruji besi dalam kurun waktu lama. Selain dituntut kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pria yang lebih dari satu kali menginap di hotel prodeo itu juga dituntut atas kasus persetubuhan terhadap Bunga (nama samaran) salah satu pelajar di Kabupaten Trenggalek.

Eko Prasetyo alias Kawok diamankan tim opsnal Polres Trenggalek di Desa Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, Minggu (6/1). Dia diamankan beserta sejumlah barang bukti diantaranya dua motor beserta surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) milik korban. “Pelaku diamankan sekitar pukul 20.48 di Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar,” ujarnya dalam konferensi pers di Mapolres Trenggalek, Selasa (8/1).

Sebelumnya, Eko diamankan petugas atas laporan pencurian motor milik dua warga Desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek, Sabtu (5/1). Saat itu pelaku mencuri motor nopol AG 3158 YK milik Slamet Riyanto warga RT 32/RW 10 dan motor nopol AG 5874 Y milik Sugianto warga RT/RW 01 yang juga masih tetangga pelaku. “Total dari kerugian akibat pencurian itu kurang lebih sekitar Rp 7 juta,” kata Kapolres Trenggalek sembari menunjukkan sejumlah barang bukti lainnya seperti dua buah STNK dan satu BPKB milik korban.

Dua motor milik korban itu, lanjut Didit hilang saat diparkir di halaman rumah korban. Dua motor milik dua korban itu hilang pada hari yang sama, namun dalam waktu yang berbeda. Eko mencari kelengahan pemilik motor tersebut dan menggasaknya ketika motor yang terparkir diteras rumah itu ditinggal pemiliknya tidur. “Korban mengetahui jika motornya hilang setelah bangun dari tidurnya. Kemudian korban mencari disekitar lokasi dan tidak membuahkan hasil. Kemudian korban melaporkan kejadian itu kepada petugas,” kata Didit.

Rupanya penangkapan pelaku atas kasus Curanmor itu berbuntut panjang. Dalam pemeriksaan yang dilakukan penyidik, ditenggarai Eko Prasetyo alias Kawok telah melakukan persetubuhan terhadap Bunga salah satu pelajar di Kabupaten Trenggalek. Dugaan itu diperkuat dengan sejumlah alat bukti baik pengakuan dari tersangka maupun korban. “Pada saat melakukan pemeriksaan handphone milik pelaku, diduga dia pernah terlibat tindak kejahatan membawa lari anak dibawah umur,” ujar Kapolres Trenggalek.

Berdasarkan keterangan kedua belah pihak, lanjut Didit, pelaku telah melakukan persetubuhan terhadap pelajar berusia (16) itu. Untuk memperdayai korban agar mau disetubuhi, Kawok berjanji akan menikahi korban jika nantinya hamil. “Sebelum menyetubuhi korban yang masih di bawah umur, pelaku membujuk rayu korban dengan janji akan dinikahi, hingga akhirnya persetubuhan tersebut terjadi berulang kali,” tegasnya. Didit menjelaskan, pelaku terancam pasal berlapis yaitu soal curanmor yang dilakukan hingga persetubuhan yang dilakukan terhadap Bunga.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date