Seratus Sopir Angkutan Umum dan Barang Dites Urine

Blitar, koranmemo.com – Jelang natal dan tahun baru 2019, Kepolisian Resor (Polres) Blitar Kota melakukan tes urine kepada sedikitnya 100 sopir bus maupun angkutan barang. Selain melakukan tes urine, Polres Blitar Kota juga melakukan pengecekan kelayakan transportasi umum.

“Dari hasil tes urine dan cek kendaraan para sopir yang kita lakukan bekerja sama dengan BNK dan Dishub semua hasilnya negatif dan baik,” kata Kasat Lantas Polres Blitar AKP Bayu Halim Nugroho,  Kamis (20/12).

Pengecekan urine yang dilakukan, menurutnya, adalah  salah satu langkah untuk mencegah terjadinya sesuatu yang membahayakan kepada para pengguna kendaraan umum. Pihaknya mengatakan pengecekan urine ini penting agar para sopir juga bisa dijamin kesehatannya dan tentunya bisa menjamin keselamatan kepada para penumpang kendaraan umum.

“Yang kita lakukan pengecekan ada puluhan sopir, ini diperlukan, agar masyarakat bisa terlindungi,” tuturnya.

Selain melakukan tes urine, polisi juga mengecek kendaraan umum yang akan digunakan pada masa natal dan tahun baru 2019. Pengecekan yang dilakukan mulai dari rem, riting, lampu utama dan item yang memang sangat penting dalam berkendara.

“Kita tidak hanya kali ini mengecek kendaraan, namun ketika nanti mendekati akan dilalakukan pengecekan ulang,” katanya.

Semua yang dilakukan merupakan salah satu antisipasi Polres Blitar Kota, agar semua masyarakat yang menggunakan moda transportasi umum bisa terlindungi, tidak hanya sopir yang harus sehat, namun kendaraannya harus dalam kondisi laik jalan.

Sementara itu, salah satu sopir bus mengatakan jika kegiatan ini menurutnya sangat baik.

” Ini sangat baik, karena demi keselamatan bersama, kami pun para sopir bus juga tidak keberatan dengan kegiatan ini, ” imbuh Rony (34) sopir bus di Terminal Patria Kota Blitar.

Reporter Arief Juli Prabowo

Editor Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date