September, Terjadi 68 Kali Gempa di Jatim

Nganjuk, koranmemo.com – Selama bulan September 2019, total terjadi gempa bumi di daerah Jawa Timur dan sekitarnya sebanyak 68 kali. Gempa bumi yang terjadi didominasi oleh gempa bumi dangkal pada kedalaman kurang dari 60 km dengan rentang kekuatan Magnitudo 3 hingga 5.

Kepala BMKG Sawahan, Nganjuk, M. Chudori menyebutkan, berdasarkan rilis pihak BMKG, dari 68 kejadian gempa bumi tersebut 4 di antaranya dirasakan terjadi di Provinsi Jawa Timur. Empat gempa bumi dirasakan tersebut meliputi,
-Gempa bumi Jember (11/9/2019) berkekuatan M 4.8. Gempabumi ini dirasakan di Blitar, Trenggalek, Malang, Lumajang, dan Banyuwangi II-III MMI.
-Gempabumi Malang (15/9/2019) berkekuatan M 3.8. Gempabumi ini dirasakan di Donomulyo Kabupaten Malang dengan intensitas I – II MMI.
-Gempa bumi Tuban (19/9/2019) berkekuatan M 6.1. Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Madura, Malang, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Sumbawa, Bima, Lumajang, Tuban, Trenggalek, Surabaya, Bandung 11- III MMI.
-Gempa bumi Tuban (19/9/2019) berkekuatan M 6.0. Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Madura, Malang, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Sumbawa, Bima, Lumajang, Tuban, Trenggalek, Surabaya, Bandung 11- III MMI.

“Analisis gempa bumi di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya pada bulan September 2019 dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu, berdasarkan jumlah atau frekuensi, Magnitudo, dan kedalamannya,” ungkap Muh. Chudori, Rabu (2/10).

Berdasarkan frekuensi atau jumlah kejadian, kata Chudori, gempa bumi terbanyak pada tanggal 27 September 2019 sejumlah 6 kejadian, dengan jumlah 2 kejadian pada rentang Kekuatan/magnitudo kurang dari tiga dan 4 kejadian pada rentang Kekuatan/Magnitudo tiga hingga lima.

Berdasarkan Kekuatan/ Magnitudo gempabumi lebih kecil dari tiga sebanyak 29 kejadian, Gempabumi dengan Kekuatan/Magnitudo berkisar dari tiga hingga lima sebanyak 37 kali dan 2 kejadian gempa bumi dengan Kekuatan/Magnitudo lebih besar dari lima.

Sedangkan berdasarkan kedalaman gempa bumi kurang dari 60 km sebanyak 60 kejadian, gempa bumi dengan kedalaman 60 hingga 300 km sebanyak 6 kejadian dan untuk kedalaman gempa bumi lebih dari 300 km sebanyak 2 kejadian.

“Dapat disimpulkan bahwa selama bulan September 2019 gempa bumi yang terjadi di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya yaitu, untuk gempa bumi tidak dirasakan sebanyak 63 kali dan dirasakan sebanyak 5 kali, yang satu di luar Jatim tapi terdeteksi oleh kami,” paparnya.

Reporter Andik Sukaca
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date