Sepekan, Satlantas Polres Nganjuk Keluarkan 707 Surat Tilang

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Sebanyak 834 pengguna kendaraan bermotor, tercatat sebagai pelanggar lalu lintas pada Operasi Patuh Semeru 2020 yang digelar Satlantas Polres Nganjuk.

Dari 834 pelanggar itu, 707 diberi surat bukti pelanggaran (tilang), sementara 127 pelanggar diberi surat teguran. Jumlah tersebut diperoleh dari operasi yang dilaksanakan pada Kamis, 23 Juli 2020 sampai dengan Selasa, 28 Juli 2020.

Selama operasi berjalan, kecelakaan lalu lantas 8 kejadian, dan 1 orang meninggal dunia, luka ringan 13 orang, serta kerugian material sekitar Rp 7 juta. Operasi Patuh Semeru 2020 ini sendiri dilaksanakan secara berkala selama 14 hari terakhir, dimulai sejak Kamis (23/7/2020) sampai Senin (3/8/2020).

“Dari ratusan pengendara yang tertilang itu ada yang sudah menjalani sidang,” ujar KBO Iptu Hery Buntoro Satlantas Polres Nganjuk mendampingi Kasatlantas AKP Marita Dyah Anggraeni, S.I.K, Rabu (29/7/2020).

Dijelaskan, Operasi Patuh Semeru 2020 ini lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif. Selama operasi menyesuaikan kondisi yang saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19.

“Meski mengedepankan preemtif dan preventif, pengendara akan ditindak tegas apabila kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas. Selain itu, kami mengimbau agar tetap di rumah selamatkan keluarga, dan orang dekat kita dari bahaya penyebaran virus Corona,” ujarnya.

Dalam hal ini, kata Hery, petugas akan mengambil tindakan bukti pelanggaran (tilang) terhadap pengendara yang melanggar aturan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Di samping menindak pelanggaran kasat mata yang mengakibatkan kecelakaan, operasi ini juga lebih mengedepankan kepada para pengguna kendaraan yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” jelas mantan Kanit Dikyasa ini.

Reporter : Muji Hartono
Editor : Achmad Saichu