Seniman Lukis Cat Air Unjuk Karya di Candi Penataran

Share this :

Blitar, Koran Memo – Sekitar 10 seniman lukis cat air yang tergabung dalam Komunitas Lukis Cat Air (Kolcai) Chapter Blitart unjuk karya di komplek Candi Penataran Kabupaten Blitar, Minggu (31/5). Mereka menuangkan hasil karya tentang komplek candi Hindhu era Kerajaan Majapahit itu dalam lukisan lalu langsung dipamerkan.

: Para pelukis sedang menuangkan karyanya dengan melukis komplek candi (yoga/memo)
: Para pelukis sedang menuangkan karyanya dengan melukis komplek candi (yoga/memo)

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB. Setelah sempat berdiskusi tentang wadah organisasi, para seniman langsung beraksi. Mereka mengamati sekitar dan melukis objek di media kertas. Kebanyakan yang dijadikan objek yakni candi angka tahun. Rata – rata para seniman menyelesaikan karyanya, mulai dari sket hingga finishing pewarnaan selama lebih kurang 1 jam.

Yang menarik, karya para seniman ini langsung dibahas bersama. Awalnya mereka diminta untuk mempresentasikan hasil karya di depan seniman lain lantas dievaluasi bersama – sama. Mereka juga mendapat pembinaan dari seniman senior yang langsung mendemokan teknik melukis.

Ada sekitar 7 hasil karya yang dipajang. Pameran karya on the spot ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Pengunjung candi terlihat antusias melihat karya yang dipamerkan. Beberapa diantaranya mengabadikan hasil karya yang dipajang dengan kamera.

Eddy Dewa, pembina Kolcai Chapter Blitarart mengungkapkan kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi sekaligus bagi – bagi pengalaman antar seniman. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi dan pengenalan tempat wisata dan lokasi bersejarah, baik yang ada di Blitar maupun daerah sekitarnya.(mg1/yog)