Sembunyi di WC Umum, 6 Anjal (4 Pria & 2 Wanita) Diamankan Satpol PP Kab Kediri

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Enam anak jalanan yang sering berpindah dari Kras, Kandat, Ngadiluwih dan Ringinrejo, Senin (3/8) pagi diamankan petugas Satpol PP Kabupaten Kediri di WC umum Sub Terminal Sambi Ringinrejo. Sempat saling kejar dengan petugas, namun diketahui bersembunyi di WC umum yang tak terpakai di sekitar Sub Terminal Sambi.

Ternyata masih ada anjal lainya yang bersembunyi di tempat tersebut. Mereka juga biasa ngamen di perempatan pasar Sambi. Enam ABG ini berasal dari Surabaya, Malang dan Sidoarjo merupakan wajah baru. Awalnya petugas mendapatkan laporan dari masyarakat, adanya enam anak jalanan ini yang sering tidur pada malam hari di wc umum tersebut dan sudah beberapa hari.

Jika siang hari mereka pergi mengamen di perempatan Kras, Jimbun, Ngadiluwih dan perempatan Pasar Sambi. Saat malam hari mereka kembali ke lokasi WC umum sebagai tempat mangkal. Enam anjal ini terdiri dari empat laki-laki dewasa dan dua perempuan di bawah umur.

Keberadaan anjal ini sempat ditegur warga setempat dan mereka pergi. Tak lama mereka kembali lagi dan keberadaanya diketahui Satpol PP. Keberadaan anjal dari luar daerah ini dikhawatirkan warga, karena mereka sering berkerumun tanpa jaga jarak dan tidak bermasker. Terlebih tampilan mereka acak-acakan.

Agung Joko Retmono Kepala Satpol PP melalui Toni Subianto Kasi Opsdal Trantibum Satpol PP Kabupaten Kediri mengatakan enam anjal ini seperti biasanya tidak memperhatikan adanya Pandemi Covid 19 di Kabupaten Kediri. Petugas memberi masker pada mereka agar ikuti protokol kesehatan.

“Kita prihatin dalam kondisi Pandemi Covid-19, mereka berkeliaran di Kabupaten Kediri. Mereka mengabaikan protokol kesehatan dan lebih sering bergerombol dari satu tempat ke tempat lainya, sehingga berpotensi penyebaran Covid-19. Setelah kita data, kita menyerahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Kediri. Biasanya bersama Dinsos kita memulangkan mereka. Karena mereka masih usia produktif,” ujarnya.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu