Semangat Relawan Semar, Langganan Hadir Tiap Bencana Alam

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Apa yang terlintas di benak Anfa ketika mendengar kata-kata relawan? Tentu saja adalah orang yang melakukan tindakan secara sukarela dan bekerja tanpa embel-embel rupiah. Meski begitu, peran relawan tidak bisa dipandang sebelah mata lantaran mereka selalu hadir ketika bencana alam melanda.

Di Jombang sendiri terdapat kelompok relawan yang cukup eksis, selalu tampil membantu aparat berwenang ketika bencana alam melanda. Mereka adalah relawan Semar (Semangat Masyarakat).Sekretaris Komando Relawan Semangat Masyarakat (Semar), Amin S, sedikit menceritakan suka duka menjadi relawan Semar. “Melebihi panggilan hati, menjadi anggoata relawan ini juga menjadi tantangan tersendiri, yang harus rela meninggalkan keluarga ketika turun gunung membantu masyarakat terdampak bencana alam. Memang dibutuhkan kerelaan meninggalkan keluarga,” kata Amin kepada wartawan di pendopo Kabupaten Jombang, Rabu (5/12) pagi.

Amin mengungkapkan, pada saat rawan bencana alam ketika musim hujan seperti saat ini, dirinya menyadari jika setiap saat akan ada panggilan tugas. Namun, kondisi seperti itu tidak membuat keluarga  Amin keberatan. “Semua anggota (Semar, red) sangat didukung keluarga. Bahkan, setiap ada kegiatan berkaitan dengan bencana, keluarga sudahmenyadari,” sambungnya.

Pria yang juga bekerja sebagai perangkat desa di Desa Jogoloyo Kecamatan Sumobito ini berkomitmen dengan keputusannya bergabung sebagai relawan. “Walau tugas sampai ke puncak gunung kami siap. Ini adalah bentuk pengabdian,” tegas Amin.

Kegigihan relawan Semar ini pun diapresiasi oleh pemerintah setempat. Bertepatan dengan Hari Relawan Internasional (International Volunteer Day) yang jatuh pada tanggal 5 Desember, mereka diundang ke pendopo setempat.

Wakil Bupati Jombang Sumrambah mengungkapkan, kehadiran relawan Semar sangat membantu masyarakat. “Terlebih pada saat bencana alam melanda. Mereka selalu hadir, ini sangat kami apresiasi,” tutup Sumrambah dalam acara ‘Ngopi Bareng’ Forpimda bersama elemen masyarakat tersebut.

Sementara dalam acara ‘Ngopi Bareng’ itu juga dihadiri ketua Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Jombang Hera Kristiningsih, pewakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang, serta perwakilan pejabat dari unsur TNI – Polri.

Reporter Agung Pamungkas
Editor Achmad Saichu