Seluruh Pelajar di Kabupaten Blitar Gunakan Ikat Kepala Bertuliskan Love Papua

Blitar, koranmemo.com – Seluruh pelajar mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Blitar menggunakan ikat kepala dilengkapi tulisan ‘I Love Papua’. Ini merupakan seruan dari pemerintah setempat selama satu pekan kedepan untuk menunjukkan cintah kasih warga Blitar terhadap warga Papua. Selain itu juga bertujuan untuk meredakan ketegangan yang ada di Papua.

Kepala Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka mengatakan, tidak hanya pelajar guru, dan pejabat aparatur sipil juga mendapatkan intruksi untuk mengenakan ikat kepala bertuliskan love Papua tersebut. Kebijakan itu merupakan bentuk masyarakat Jawa yang mencintai Papua juga sebagai dukungan agar kerusuhan di Papua segera mereda.”Ya kita tahu kalau Papua sekarang sedang ada gangguan. Tapi yang pasti sebagaimana yang viral kalau kita ini rasis itu tidak, ingin kita tunjukkan bahwa masyarakat Jawa khususnya di Kabupaten Blitar ini semua cinta dengan masyarakat Papua,” ujarnya, Selasa (3/8)

Budi menambahkan, kebijakan menggunakan atribut itu sudah berlangsung sejak Senin (2/8) dan ini akan berlangsung hingga Jumat (6/9). Selain untuk memerangi tindakan rasis, hal ini dilakukan untuk menanamkan kepada para siswa mencintai NKRI.

“Karena biar bagaimanapun, Papua adalah bagian yang tak terpisahkan dari Indonesia. Kami juga ingin menunjukan kepada dunia jika Kabupaten Blitar ini juga terdiri dari berbagai suku dan ras yang ada di Indonesia,” terangnya.

Kebijakan itu sendiri merupakan inisiatif dari Pemkab Blitar. Hal itu tidak dilakukan oleh daerah lain. “Hanya di Kabupaten Blitar saja. Dan merupakan petunjuk Bupati yang kemudian harus segera kita tindak lanjuti,” tandasnya.

Kebijakan menggunakan ikat kepala bertuliskan Love Papua itu ramai di jagad media sosial di Blitar. Para guru, dan murid tampak bangga memamerkan kecintaan mereka terhadap sesama saudara di Papua kepada warganet.

Reporter Zayyin Multazam Sukri

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date