Selain Tahu Takwa, Ini Makanan Khas Kota Kediri yang Sangat Terkenal

Kediri, koranmemo.com – Selain tahu takwa, getuk pisang juga menjadi jajanan khas Kota Kediri yang mudah ditemui di toko penyedia oleh-oleh di sepanjang Jl. Yos Sudarso dan Jl. Patimura. Sama dengan tahu takwa juga sangat terkenal sebagai makanan khas Kota Kediri.

Produk ini terbuat dari buah pisang yang ditumbuk kemudian dijadikan getuk yang dibungkus dengan daun pisang. Namun tidak semua jenis pisang bisa dipakai untuk membuat getuk. Getuk pisang khas Kota Kediri terbuat dari pisang rajanangka sehingga memiliki citarasa yang mantap sekaligus unik.

Dalam proses pembuatannya, getuk pisang tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi dengan masa kadaluarsa berkisar antara empat hingga lima hari.

Unit-unit usaha pembuatan getuk pisang tersebar di wilayah Kecamatan Kota, meliputi Kelurahan Jagalan, Kampungdalem, Pakelan dan Kaliombo. Saat ini, getuk pisang yang dibuat oleh IKM di Kota Kediri telah menjangkau kota-kota lain di Jawa Timur. Beberapa unit usaha pembuat getuk pisang adalah Madu Manis No.16 (Kampungadelam), Rasa Manis (Kaliombo) Rojonongko dan Dua Sisir (Singonegaran). (adv)

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date