Selain Masalah Ban, Cuaca juga Hantui Rossi di MotoGP Prancis

Le Mans, Koranmemo.com Selain masalah ban yang belum tuntas, cuaca Le Mans yang diprediksi bakal diwarnai hujan juga menghantui pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi pada rangkaian balapan MotoGP Prancis, di Le Mans, Jumat-Minggu (19-21/5/2017).

Di luar dua hal tersebut balapan di Le Mans diprediksi bakal berjalan menarik. Faktor penyebabnya beragam, salah satunya, jarak antara pemuncak klasemen sementara, Valentino Rossi, dengan penghuni peringkat keempat, Dani Pedrosa, hanya dipisahkan 10 poin.

Selain itu, rekor Honda dan Yamaha dalam empat tahun terakhir cukup berimbang. Honda menang dua kali pada 2013 dan 2014 melalui Dani Pedrosa dan Marc Marquez, sedangkan Yamaha juarai dua edisi terakhir lewat Jorge Lorenzo yang telah hijrah ke Ducati.

“Peran ban akan sangat mendominasi,” kata Rossi mengenai balapan MotoGP Prancis, seperti dilansir GP One, Selasa (16/5/2017).

Penyataan Rossi sangat sulit dibantah. Tim pabrikan memang dituntut bisa menyetel motor dengan mempertimbangkan kondisi ban. Namun, Michelin terlihat menunjukkan karakter yang berbeda di tiap-tiap balapan, sehingga cukup menyulitkan tim, termasuk Yamaha.

Gara-gara masalah ban, dua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, terseok-seok di MotoGP Jerez, Minggu (7/5/2017). Vinales hanya finis di posisi keenam, sedangkan Rossi terpaksa menyudahi balapan di urutan ke-10.

Sebagai persiapan, Rossi dan Vinales beberapa hari lalu sempat menjalani tes di Le Mans. Namun, hal itu akan berubah jika kondisi cuaca di Le Mans tak seperti harapan.

Ini terkait dengan prakiraan cuaca yang menunjukkan hujan kemungkinan bakal mengguyur area di Le Mans, setidaknya hingga Sabtu mendatang. Para pembalap, termasuk Valentino Rossi, harus mempersiapkan diri, terutama pemilihan ban, menghadapi cuaca yang diwarnai hujan ini jika ingin meraih hasil maksimal di MotoGP Prancis.

Dari Berbagai Sumber

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.