Sehat Makanannya Mantap Puasanya

Share this :
Sitha Bilqis (yudha-memo)
Sitha Bilqis (yudha-memo)

Kediri, Memo-Ibadah puasa masih 10 hari lagi. Agar puasa bisa tuntas dan sempurna, salah satu kuncinya terletak pada asupan makanan. Sebab, tidak bisa dipungkiri, dengan “bekal” makan sahur dan berbuka puasa yang sehat maka kita akan kuat menahan lapar dan dahaga selama lebih kurang 14 jam. Tidak hanya itu, asupan makanan yang tepat dan sehat dapat menjaga stamina untuk beraktivitas.

Untuk itu, bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa hendaknya cermat dan selektif ketika memilih menu makan sahur maupun buka puasa. Ini dimaksudkan, ketika kita sedang berpuasa, menu makanan yang tepat bisa membantu  rasa kenyang tetap awet ditubuh kita.

Agar puasa lancar dan lebih tahan dari rasa lapar, tentunya harus pintar memilih dan mengombinasikan ragam menu makanan. Jangan sampai memilih makanan yang salahyang nantinya justru membuat puasa tidak maksimal.

Misalnya, jenis makanan karbohidrat lebih lama dicerna, tentunya akan memberi efek kenyang lebih lama. Karbohidrat jenis ini lebih tepat dikonsumsi saat sahur. Sedangkan saat berbuka, ada baiknya memilih karbohidrat yang cepat diserap tubuh untuk menaikkan kadar gula tubuh yang menjadi rendah karena puasa.

Retno LarasatiS.Gz, ahli gizi RSUD Gambiran Kota Kediri mengatakan jika makanan mengandung dua komponen gizi utama yakni makronutrient dan mikronutrient. Untuk zat gizi makro (karbohidrat, lemak dan  protein) dua diantaranya bisa memberi efek rasa kenyang yang cukup lama yaitu karbohidrat dan lemak.

“Jenis karbohidrat seperti itu ketika dicerna oleh tubuh membutuhkan waktu 1-4 jam sehingga memberikan rasa awet kenyang. Akan tetapi yang tidak boleh dilupakan bahwa ada jenis karbohidrat yang juga memberikan efek rasa kenyang yang cukup lama yaitu serat makanan dari sayuran dan buah-buahan. Selain memberikan efek kenyang, serat juga memiliki banyak manfaat lain yaitu membantu menurunkan kolesterol darah, menurunkan absorbs glukosa, melancarkan buang air besar sehingga menyehatkan organ pencernaan,” terang Retno.

Dia menambahkan, zat gizi lain yang memberikan efek rasa kenyang yang lama adalah lemak. Lemak dapat menghasilkan energypaling tinggi dibandingkan zat gizi lainnya yaitu 1 gram lemak menghasilkan 9 Kkal. Lama berlangsungnya proses pencernaan lemak sangat bergantung pada panjang pendeknya rantai (jumlah atom karbon) dalam molekul asam  lemak.

Adapun bahan makanan sumber lemak adalah coklat, susu full cream. daging. minyak, dan santan. Akan tetapi alangkah bijaksananya kita selama menjalankan ibadah puasa tetap mengonsumsi makanan yang seimbang kandungan gizi, karena tidak ada satu makanan yang paling baik di dunia ini, semuanya bersifat saling melengkapi satu sama lain. (gung /dari berbagai sumber)