Segera Tambah 6 Ribu Buku Nikah, Kasi Bimas Kemenag Trenggalek : Jangan Percaya Hoax

Trenggalek, koranmemo.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Trenggalek akan menambah jumlah stok buku nikah. Rencananya penambahan stok buku nikah pada Oktober mendatang sebanyak 6 ribu pasang buku nikah. Nantinya ribuan buku nikah itu akan didistribusikan ke 14 kantor urusan agama (KUA) di Kabupaten Trenggalek.

Fauzi Abdullah, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam) Kemenag Kabupaten Trenggalek melalui Agus Setianto Staf Bimas Islam Kemenag Kabupaten Trenggalek mengatakan, saat ini pihaknya tengah membuat pengajuan penambahan jumlah buku nikah untuk mencukupi kebutuhan peristiwa nikah di Kabupaten Trenggalek. “Dalam satu tahun kami mendapat jatah hingga 6 ribu buku nikah (masing-masing laki-laki dan perempuan,red),” jelasnya, Rabu (19/9).

Penambahan jumlah itu, lanjut Agus dinilai realistis menyesuaikan kebutuhan masyarakat Kabupaten Trenggalek. Berdasarkan jumlah kebutuhan, dalam satu tahun pernikahan di Kabupaten Trenggalek berkisar  5.000 pernikahan. Kondisi ini terlihat dari akumulasi buku nikah yang dikeluarkan oleh masing-masing KUA di 14 kecamatan. “Jadi stok buku nikah saat ini masih cukup aman,” kata dia.

Berdasarkan jumlah sisa buku nikah di 14 KUA di Kabupaten Trenggalek akumulasi Agustus lalu, setidaknya menyisakan sekitar 3.690 buku nikah. Jumlah itu diperkirakan mencukupi hingga penambahan jumlah buku nikah direalisasi. “Biasanya maksimal satu bulan setelah pengajuan baru terealisasi. Menghitungnya jika ada sisa buku nikah di tahun sebelumnya, akan diakumulasikan di tahun berikutnya,” jelasnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai kabar yang belum tentu dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pasalnya, banyak kabar tersiar di sejumlah daerah menyoal minimnya stok buku nikah. “Masih aman. Misal jika di KUA daerah A habis, kan bisa pinjam di KUA di daerah B. Jadi nggak pernah sampai kehabisan semuanya, pasti ada buku nikah tersebut. Sebab masing-masing daerah berbeda, baik jatah dan peristiwa nikahnya,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date