Polsek Puncu Sediakan Wifi Gratis untuk Siswa

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Selama empat bulan terakhir, kegiatan belajar mengajar (KBM) praktis dilakukan melalui sistem dalam jaringan (daring). Sebagian orang tua siswa harus menyediakan kuota internet atau mencari tempat yang menyediakan wifi gratis. Situasi inilah yang menjadi dasar Polsek Puncu menyediakan wifi gratis bagi siswa.

Kapolsek Puncu, AKP Bowo Wicaksono menjelaskan, penyediaan wifi gratis ini berawal saat dia dan personel Polsek Puncu patroli rutin di sekitar lereng Gunung Kelud. “Awalnya saya patrol dan banyak orang tua yang membonceng anaknya melaju ke arah dataran rendah. Dari situ saya penasaran dan akhirnya bertanya kepada warga,” jelasnya, Selasa (28/7).

Ternyata, kata AKP Bowo, orang tua siswa mengaku jika akan mencari lokasi yang menyediakan wifi gratis, salah satunya warung kopi. Ini lantaran, gawai yang digunakan sebagai media pembelajaran siswa milik orang tua dan untuk mengerjakan tugas harus tersambung dengan jaringan internet. Jika di rumah, maka pemakaian kuota internet membengkak.

Akhirnya, AKP Bowo memutuskan untuk menyediakan wifi gratis bagi siswa. “Dari situ saya akhirnya memutuskan memakai wifi yang tersedia di kantor Polsek Puncu sebagai media penunjang KBM siswa secara daring. Wifi ini sebenarnya juga penunjang kami dalam bertugas, dan salah satu tugas kami juga sebagai pelayan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, AKP Bowo mengatakan, di kantor Polsek Puncu juga terdapat laptop dan printer yang siap digunakan siswa untuk sarana dan prasarana (sarpras) penunjang lainnya. Sementara ini, siswa yang datang ke kantor Polsek Puncu dari sekitar Desa/Kecamatan Puncu. “Terutama siswa yang tinggal di Dusun Laharpang, karena lokasinya juga berada di dataran tinggi sehingga sinyal juga susah,” imbuhnya.

Baca Juga: KBM Daring Tak Maksimal, Guru di Trenggalek Datangi Rumah Murid

Dalam sehari, lanjutnya, siswa yang datang dibatasi 10 anak. Ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pengumpulan jumlah massa di satu lokasi. Polsek Puncu juga meminta siswa dan orang tua memperhatikan protokol kesehatan. Sebelum menggunakan wifi, mereka harus mengenakan masker mulai dari rumah dan mencuci tangan terlebih dahulu.

Selain itu, dipilihnya kantor Polsek Puncu sebagai lokasi pembelajaran, diharapkan dapat menumbuhkan dan membiasakan siswa disiplin. “Harapannya, ada pendidikan karakter bagi siswa. Mereka terbiasa disiplin, mengenal personel Polisi. Begitu pula orang tua, mereka memberikan arahan untuk memakai helm saat mengantarkan siswa ke Polsek Puncu,” ucapnya.

Baca Juga: KBM Daring, Pengawasan Ekstra untuk Siswa

Baca Juga: Tak Punya Paket Internet, Siswa di Madiun Belajar di Pos Kampling

Saat ditanya oleh Koranmemo.com mengenai keberadaan wifi gratis ini, AKP Bowo menegaskan akan terus mengadakan wifi gratis bagi siswa selama KBM dilaksanakan secara daring. “Wifi ini mempunyai kecepatan 3,40 Mbps, jadi tidak masalah kalau dipakai oleh 10 siswa. Kami juga memberikan arahan, kalau wifi gratis ini bukan untuk umum, tapi untuk siswa sebagai penunjang belajar mereka,” tegasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya