Sebulan PLN Drop, Pelanggan Satu Dukuh Resah

Ponorogo, koranmemo.comPelanggan PLN di Dukuh Boworejo Desa/Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo resah. Pasalnya,  tegangan listrik di wilayah ini turun secara tiba-tiba sejak sebulan lalu.

Kondisi ini pun berimbas, terganggunya aktifitas warga. Bahkan, sejumlah warga mengaku tidak berani menggunakan perabotan listriknya lantaran voltase listrik yang naik turun.

Nurhayati (43) warga Dukuh Boworejo Desa/Kecamatan Sampung Ponorogo mengatakan, kondisi ini sudah terjadi sejal akhir April lalu, warga pun sudah sering melaporkan ke PLN namun hingga kini tidak ada tanggapan dari PLN.

” Kalau malam parah mas turunya, buat nonton TV sama masak dah tidak bisa, apa lagi ini puasa. Dah bolak balik dilaporkan tapi belum diperbaiki,” ujarnya, Jumat (18/5).

Sementara itu, Manajer PLN Rayon Ponorogo, Suyitno membenarkan turunya voltase di Dukuh Boworejo tersebut. Ia mengaku kondisi itu akibat trafo tabung nomor 217 dikawasan itu mengalami kelebihan muatan (over load). Hal ini dipicu penggunaan pompa listrik di persawahan yang membuat trafo mengalami over load hingga 125%.

” Itu akibat trafo kita over load. kalau malam laporanya parah penurunanya bisa sampai 126 volt dari normalnya 198-231 volt. Dropnya trafo 271 itu dipicu penggunaan pompa listrik di sawah saat musim kemarau ini,” ujarnya.

Suyitno mengungkapkan, untuk memperbaiki voltase listrik yang turun di Boworejo pihaknya telah mengirim tim untuk melakukan pengantian trafo yang drop tersebut.” Laporan baru kemarin kita terima via WA, ini tim sudah turun untuk mengganti trafo tabung dari 50 KPA, menjadi 100 KPA,” pungkasnya.

Reporter: Zainul Rohman

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date