SD Negeri Bakal Gratis

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pasca ditariknya pengelolaan SMA dan SMK oleh provinsi, penggunaan anggaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri menjadi lebih longgar. Untuk itu, tahun ini Disdik menjanjikan seluruh SD di Kota Kediri bakal gratis. Biaya yang selama ini dibebankan pada siswa akan dialihkan pada BOS (Bantuan Operasional Sekolah), sementara hal-hal yang biasa menggunakan BOS akan menggunakan ABPD.

Chevi Ning Suyudi, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Kediri mengungkapkan, tahun ini 116 SD di Kota Kediri akan mendapat anggaran secara terpisah, seperti yang biasa diberikan kepada SMP.  Anggaran yang dialokasikan nanti digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan sekolah, ekstrakurikuler hingga pembayaran air dan listrik. “Dengan demikian para wali murid tidak perlu lagi mengeluarkan iuran untuk kegiatan sekolah seperti perpisahan dan ekstrakurikuler,” ujar Chevi.

Tidak hanya itu, tahun ini pun para murid SD juga bakal kebagian jatah kain seragam yang lebih. Selain kain seragam merah putih dan pramuka, mereka juga bakal mendapat kain untuk batik khas dan seragam olahraga.  Bahkan buku baru berkurikulum 13 (K-13) juga diberi secara cuma-cuma. “Kalau tahun lalu sekolah kebingungan buku, tahun ini kami beri gratis. Jadi sekolah juga tidak perlu khawatir dapat tuduhan pungli lagi,” ungkap Chevi.

Tahun ini, anggaran yang dialokasikan untuk SD memang jauh lebih besar dari tahun lalu. Sekitar 25 persen dari total anggaran Disdik Kota Kediri dialokasikan untuk mewujudkan SD gratis dan pemberian insentif bagi GTT dan PTT SD. “Jadi tidak perlu iuran komite lagi,” pungkasnya.

Reporter : Della Cahaya P