Satu Jemaah Haji Kota Kediri Meninggal Menjelang Salat Magrib di Masjid Nabawi

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Kabar duka menyelimuti jemaah haji dari Kota Kediri. Pasalnya, menjelang kepulangan mereka ke tanah air satu jemaah haji dikabarkan meninggal dunia di Masjid Nabawi Madinah, Selasa (11/9) pukul 18.00 waktu arab saudi (WAS) atau 23.00 WIB.

Satu jemaah haji yang meninggal adalah Patmawati (51) warga Jalan Margotani Kelurahan Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kediri, Tjitjik Rahmawati membenarkan kabar itu. Patmawati dengan usia yang masih cukup muda tersebut meninggal karena kelelahan.

“Beliau tidak memiliki riwayat sakit apapun, tim medis memastikan jika beliau meninggal karena kelelahan. Waktu itu beliau meninggalkan jemaah lain dengan berdiam diri di Masjid Nabawi Madinah untuk salat magrib, sebelum adzan berkumandang beliau tersungkur dan langsung meninggal dunia di tempat,” ujarnya, Rabu (12/9).

Kabar meninggalnya Patmawati itu cukup mengagetkan pihak keluarga. Pasalnya, dia berangkat menunaikan rukun Islam ke lima itu selain beribadah haji juga mendampingi sang ibu yang sudah berusia lanjut. Namun, tujuh hari menjelang keberangkatan jemaah haji dari Kota Kediri, sang ibu lebih dulu meninggal dunia.

“Sesuai aturan di sana, jemaah yang meninggal dunia disana tidak boleh dibawa pulang. Maka jasad Beliau di makamkan di pemakaman Baqi Madinah setelah disalati oleh seluruh jemaah haji di dunia setelah salat subuh Waktu Indonesia Barat,” kata Tjitjik.

Sementara, kepulangan jemaah haji dari Kota Kediri dijadwalkan sampai di Juanda Surabaya, Sabtu (15/9) pukul 04.55 WIB dan diperkirakan sampai di aula muktamar Lirboyo Kota Kediri dihari yang sama pada pukul 11.00 WIB. Sejauh ini seluruh jemaah haji telah menyelesaikan rukun – rukun haji termasuk Patmawati sehingga sudah sah rukun haji mereka. Saat ini para jemaah haji tinggal menyelesaikan sunnah haji yaitu Arbain atau melaksanakan salat empat puluh waktu tanpa terputus berjemaah di Masjid Nabawi.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu