Satpol PP Segel Galian C Ilegal

Share this :

Kediri, Koran Memo – Tetap nekat beroperasi meski sudah tiga kali diberi surat peringatan (SP) akhirnya Selasa (5/1) siang belasan petugas Satpol PP Kabupaten Kediri menyegel dan menutup galian C liar di Desa Jatirejo Kecamatan Grogol. Apalagi aktivitas penambangan juga merusak lingkungan.

Petugas Satpol PP Kabupaten Kediri menyegel galian C Ilegal di Desa Jatirejo Kecamatan Grogol (bakti/memo)
Petugas Satpol PP Kabupaten Kediri menyegel galian C Ilegal di Desa Jatirejo Kecamatan Grogol (bakti/memo)

Akibat beroperasinya truk yang sering melintas kawasan jalan Desa Jatirejo rusak berat. Galian C tersebut juga merusak kawasan persawahan Desa Jatirejo. Warga yang resak atas beroperasinya penambangan tanpa izin ini melaporkannya ke Pemkab Kediri.

Agung Joko Retmono Kepala Satpol PP Kabupaten Kediri menyatakan pihaknya memang mendapatkan banyak pengaduan warga terkait galian c ilegal ini. Selanjutnya petugas memberikan surat peringatan sejak awal pertengahan Desember lalu namun tidak ditanggapi hingga petugas bertindak. “Tidak ada respon dari pengelola galian liar ini saat kami menyampaikan SP I hingga tiga kali. Kami merespon keluhan warga dan melakukan penutupan galian liar ini mengingat galian ini merusak lingkungan sungai dan sawah milik warga.Saat petugas datang,penambang kabur,” katanya.

Agung mengapresiasi sikap warga yang berani melapor ke Pemkab Kediri. Pasca penyegelan ini, jika terlihat ada operasi kembali, petugas akan bertindak tegas lagi demi ketenteraman warga sekitar galian C.

“Kami akan terus pantau galian-galian c di beberapa wilayah Kabupaten Kediri termasuk di Kandangan. Kami berharap kepada warga yang terganggu bisa melapor ke petugas.Pasti ditindak lanjuti,” imbuhnya.(bak)

Follow Untuk Berita Up to Date