Santri Tebuireng Nobar Film G 30 S/PKI

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Diwek Jombang, Kamis (21/9) malam, nonton bareng (nobar) film pengkhianatan G 30 S/PKI.Nobar film tersebut digelar di area parkir pondok dengan didampingi para ustad dan unsur TNI.

“Maksud dan tujuan (pemutaran film) agar anak-anak tahu tentang sejarah kelam yang pernah terjadi,” ungkap Direktur Pembinaan Lembaga Pendidikan Pesantren Tebuireng, Khusnaidi Said kepada wartawan.

Selain itu menurut Khusnaidi, melalui film itu pihaknya juga ingin memberikan pemahaman kepada para santri bahwa upaya mengganti dasar negara merupakan bentuk pemberontakan terhadap negara. “Dari sini kita mengambil pelajaran tentang pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Sementara, nobar film pengkhianatan PKI ini mendapat respons positif dari para santri. Seperti yang dikatakan Alwan Khoiri, santri kelas XII Aliyah Tebuireng. “Saya baru kali ini nonton, sangat baik untuk pemuda-pemudi Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, ada hikmah yang bisa diambil dari cerita di film tersebut. Salah satunya adalah apa yang dilakukan PKI sebagai bentuk pemberontakan terhadap NKRI.

“Kalau menurut saya PKI tak boleh ada, harus dihapuskan di Indonesia, jangan muncul lagi, cukup di masa lalu,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz