Sambut Hari Bumi, Polres Nganjuk Giatkan Penghijauan

Nganjuk, koranmemo.com – Awal musim penghujan ini, banyak bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Nganjuk. Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun bencana angin puting beliung, banjir maupun tanah longsor tetap harus diwaspadai.

Untuk itu, langkah penghijauan dirasa sangat penting untuk antisipasi bencana. Selain itu, reboisasi juga harus digalakkan agar hutan yang gundul dapat hijau kembali, sehingga bisa menyimpan cadangan air tanah.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto saat kegiatan penghijauan Polres Nganjuk yang dipusatkan di kantor Satlantas Jalan Barito Kelurahan Begadung Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, Jumat (10/1/2020) pagi. Selain dihadiri perwira utama, kapolsek jajaran juga hadir dalam kegiatan ini.

“Hari ini kami melakukan penanaman pohon sebagai langkah antisipasi awal bencana alam. Selain itu juga untuk menyambut hari bumi,” kata mantan penyidik KPK ini.

Perwira asli Nganjuk ini mengatakan, ada ribuan pohon yang ditanam, meliputi pohon mangga, durian, trembesi, randu, dan lain sebagainya. “Ribuan pohon ini ditanam menyebar pada daerah rawan tanah longsor. Kami koordinasi dengan instansi terkait untuk langkah lebih lanjut,” jelasnya.

Fungsi ditanamnya pohon ini, kata Kapolres Nganjuk, selain untuk penghijauan, nanti buahnya juga berguna bagi masyarakat. “Untuk itu, kami bersama dengan instansi terkait dan masyarakat, akan menggalakkan penghijauan ini,” pungkas Handono.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Della Cahaya