Sambut HANI 2020, BNNK Surabaya Inovasikan Suroboyo Wani Lawan Narkoba

Share this :

Surabaya, koranmemo.com – Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020 masa pandemi Covid-19, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya menggelar kegiatan sosial antara lain, donor darah, sosialisasi pemberantasan penyalagunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN), pembagian sembako, dan masker kepada masyarakat Surabaya.

Selain itu, kegiatan skala regional yang diamanahkan dari BNN Pusat untuk tetap melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat dan relawan penggiat anti narkoba menindaklanjuti Surabaya Bersih Narkoba.

Kepala BNNK Surabaya AKBP Kartono, S.H., M.Hum mengatakan, peringatan HANI pada 26 Juni 2020 sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian, tahun ini diadakan kegiatan upacara secara virtual yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). “Kita akan ikuti siaran langsung dari BNN Pusat melalui virtual live, serta turut kita undang para Forkopimda Kota Surabaya untuk menyaksikan maupun mendengar amanah saat upacara virtual berlangsung tersebut,” terang AKBP Kartono saat diwawancarai pada ruang kerjanya, Selasa (23/6/2020).

Disampaikan momen peringatan HANI 2020 pihaknya mengimbau masyarakat untuk dapat hidup 100 persen merupakan perubahan citra BNN sebagai garda utama dalam pencegahan, pemberantasan narkotika dan merubah pola hidup lebih aspiratif. “Kami harap seluruh warga kota Surabaya dapat bekerja sama bersama BNN. Karena kejahatan narkotika adalah, merupakan kejahatan sangat mengancam bagi generasi muda penerus bangsa,” ujar AKBP Kartono kepada koranmemo.com.

Menurut AKBP Kartono, terkait akan banyak penyalahgunaan narkoba, pihaknya menanggapi bahwa telah membuat inovasi award dengan konsep Suroboyo Wani Lawan Narkoba.

Dengan itu, lanjutnya peran serta juga melibatkan seluruh komponen relawan, penggiat Anti Narkoba, dan warga Surabaya bersama dengan visi dan misi BNN Kota Surabaya dapat menyelamatkan kejahatan narkotika dari kalangan masyarakat. “Kita ingin selamatkan anak bangsa dari bahaya narkoba yang sangat mempengaruhi,” tegasnya.

Akan hal tersebut, AKBP Kartono menambahkan pihaknya telah mendeklarasikan serta sosialisasi P4GN terhadap masyarakat tentang pentingnya bahaya menggunakan narkoba. “Dalam peringatan HANI 2020 kita lebih maksimal memberantas peredaran, dan khusus penyalahgunaan narkoba perlu disembuhkan, atau perawatan untuk dapat kembali kepada fungsi sosial,” pungkasnya.

Reporter M Fauzi
Editor Achmad Saichu