Sambangi Warga Sumberasri, Bupati Rijanto Salurkan Bantuan Beras

Blitar, Koranmemo.com – Bupati Blitar Rijanto blusukan ke wilayah yang berdekatan dengan Gunung Kelud. Kedatangannya selain sambang juga dalam rangka memberikan bantuan kepada warga yang terdampak Covid-19, Jumat (12/06).

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Blitar itu blusukan didampingi Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Blitar Totok Subihandono dan pejabat muspika di Kecamatan Nglegok.
Di antara lokasi yang menjadi jujugan blusukan yakni Kampung Anyar di Dusun Gambaranyar, Desa Sumberasri di Kecamatan Nglegok. Ada juga warga di Dusun Kalibladak dan Dusun Kalikuning di Desa Penataran. “Sekitar tahun 1990, saat letusan Gunung Kelud saya punya sejarah disini. Rakyat sini tahu semua. Karena saat itu saya menjabat sebagai camat di Nglegok,” katanya.

Lantaran sudah mengenal Nglegok, kedatangannya bak reuni. Maka dari itu dirinya bersama para pejabat memanfaatkan sebaik-baiknya dengan menggelar dialog. Intinya menampung uneg-uneg warga pinggiran. “Sekaligus melepas rindu. Karena lama tidak bertemu. Hari ini saya ke sini, mudah-mudahan tetap terjalin,” katanya.

Dalam kesempatan itu Bupati Rijanto menyerahkan bantuan sosial. Bantuan diserahkan ke warga yang tinggal di sekitar perkebunan. “Mudah-mudahan bermanfaat. Karena warga sini juga terdampak pandemi Covid-19,” katanya. Bantuan itu berasal dari CSR yang dihimpun oleh pemkab Blitar.

“Merespon kondisi warga sejumlah kegiatan sudah kami  lakukan. Di antaranya penyaluran bansos, baik itu dari pusat, pemda, provinsi maupun desa,” katanya.

Rijanto menambahkan, beras yang diberikan merupakan bentuk kepedulian pemda kepada rakyatnya. Diharapkan bantuan bisa meringankan beban masyarakat di masa pandemi. “Ini bentuk kepedulian Pemkab Blitar.

Mereka ini kami bantu karena sebagian besar merupakan buruh kebun. Ada karyawan tetapi sedikit, paling banyak adalah buruh kebun. Karena ini dekat dengan perkebunan,” katanya.

Pemkab Blitar dalam beberapa hari ini terus menyalurkan bantuan kepada warga. Bupati Rijanto pun seakan tak lelah untuk memberikan semangat kepada warganya untuk menghadapi pandemi Covid-19 dengan penuh optimisme tinggi. (advkmf)

Reporter: Abdul Aziz Wahyudi

Editor Achmad Saichu