Salurkan Zakat pada 1.500 Mustahiq

Kediri, koranmemo.com – Potensi zakat yang berasal dari umat Islam se-Kota Kediri jika dapat dihimpun dan dikelola secara baik, akan dapat membantu penyelesaian berbagai masalah, khususnya dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat menyalurkan zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk 1.500 mustahiq (penerima zakat) di Kota Kediri, Kamis (16/2).

Walikota yang akrab disapa Mas Abu ini mengungkapkan, ini tren positif Baznas dalam membantu warga yang kurang mampu. “Saya ucapkan terima kasih karena penyaluran zakat ini sangat membantu kerja Pemerintah Kota Kediri dalam menyejahterakan warga kurang mampu,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya. “Saya berpesan agar bantuan ini jangan digunakan untuk hal-hal yang bukan merupakan kebutuhan. Dan saya berdoa agar kedepannya mustahiq ini bisa menjadi muzaki (orang yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta yang telah mencapai nishab dan haul),” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Mas Abu juga menghimbau agar warga Kota Kediri yang mampu untuk membayar zakat dan menyalurkannya melalui Baznas. “Saya dan Ning Lik (sapaan akrab Wakil Walikota, Lilik Muhibbah) akan terus mendukung dan terus bekerjasama dengan Baznas untuk membangun Kota Kediri,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Baznas Kota Kediri, Dawud Syamsuri mengatakan, perolehan zakat tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 400 persen jika dibandingkan dengan  2015. “Bila tahun 2015 zakat yang terkumpul sebesar sekitar  Rp 150 juta.  Di tahun 2016 yang terkumpul sebesar sekitar Rp 520 juta,” ujarnya.

Dawud berharap, kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kota Kediri dapat terus terjalin dan ke depannya zakat yang terkumpul dapat bertambah.

“Semoga ke depannya perolehan zakat bisa meningkat dan dapat membantu lebih banyak lagi warga Kota Kediri yang kurang mampu. Sehingga warga kurang mampu dapat terentas dari kemiskinan,” harapnya. (adv/humaspemkot)

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Gimo Hadi w

 

Follow Untuk Berita Up to Date