Sakit Stroke Menahun, Bapak Satu Anak dapat Bantuan dari Bupati

Lamongan, koranmemo.com – Pemkab Lamongan mengambil langkah cepat dalam menangani warga Komplek Perumahan Graha Indah Lamongan, Blok MM nomor 5 Desa Tambakboyo Kecamatan Tikung Lamongan. Upaya itu untuk meringankan penderitaan Tarmuji (48) yang tercatat menderita penyakit stroke bertahun tahun serta membantu biaya pendidikan putrinya yang rela menghabiskan waktu riangnya demi merawat ayahnya.

Tak hanya itu, di balik beban penyakit yang diderita selama bertahun-tahun itu, ada seorang putri yang berjiwa besar yakni Nisda (8) anak kandung Tarmuji yang tiap harinya terpaksa waktunya tersita demi merawat sang ayahnya, apalagi sudah ditinggal ibu kandungnya meninggal.

Tiap harinya, karena diselimuti serba kekurangan dalam mempertahankan hidup, seringkali mengharapkan uluran tangan dari tetangganya untuk menyambung hidup. Keadaan begitu parah ketika setiap malam, keduanya tinggal di dalam rumah dengan kegelapan lantaran aliran listrik terpaksa diputus PLN karena tidak mampu membayar.

Dengan realita itu, Bupati Lamongan memberikan sentuhan dengan berbagai langkah. Diantranya mengembalikan identitas kependudukan guna mencukupi kebutuhan perawatan melalui BPJS dengan skema PBI. Langkah yang sudah dijalankan yakni memberikan pelayanan perawatan di Puskesmas.

Kabag Humas dan Protokol, Agus Hendrawan mengatakan bahwa selain Tarmuji, putrinya Nisda juga bakal mendapatkan bantuan dari bupati Fadeli. “Untuk Nisda akan dibebaskan dari biaya pendidikan dengan cara akan dicarikan beasiswa dari baznas. Dan juga akan menghidupkan kembali listrik hingga biaya hidup,” jelas Agus.

Sedangkan, Tarmuji yang menderita stroke mendapatkan perawatan intens petugas Puskesmas. Dari hasil pemeriksaan dokter di Puskesmas, tensi Tarmuji adalah 190/110, bicaranya sedikit pelo, kemudian statusnya neorologis hemiparase smistra dan parasen XLi. “Saat ini diinjeksi neurobion 5000,” tambah Agus.

Hari ini tadi, masih menurut Agus, beberapa pegawai Pemda mendatangi rumah Tarmuji untuk menyampaikan pesan dari bupati Fadeli. “Kedatangan mereka atas perintah pak bupati melalui sekda Yuhronur Efendi. Beberapa tim tadi meluncur ke sana, dari Dinkes, Dinsos, Dinas Pendidikan dan Kecamatan. Tadi juga penyerahan bantuan biaya hidup secara simbolis,” imbuhnya.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date