Saham Asia Anjlok Akibat Ketegangan AS-China

China, koranmemo.com- Saham Asia turun pada hari Rabu (9/10) karena ketegangan antara Amerika Serikat dan China memburuk.

Indeks Nikkei 225 Jepang (N225) turun 0,8%. Indeks Hang Seng Hong Kong (HSI) turun 0,3%, sementara Shanghai Composite Index China (SHCOMP) turun 0,1%.

Pasar Korea Selatan juga ditutup untuk publik.

Saham Asia telah naik di awal minggu menjelang jadwal pembicaraan perdagangan antara perunding AS dan Cina di Washington pada hari Kamis (10/10) dan Jumat (11/10). Namun ketegangan baru antara kedua belah pihak telah membayangi diskusi yang akan berlangsung itu.

Pada hari Selasa (8/10), Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengumumkan pembatasan visa pada pejabat Tiongkok yang dicurigai terlibat dalam penahanan dan pelanggaran HAM jutaan Muslim Uyghur dan kelompok minoritas lainnya di wilayah Xinjiang China.

Itu terjadi sehari setelah Departemen Luar Negeri AS memasukkan 28 entitas Cina ke tuduhan serupa. Langkah-langkah itu membuat Beijing marah. Kedutaan China di AS mengatakan lewat laman twitternya bahwa AS seharusnya fokus kepada penyelesaian semua permasalahan yang ada dan tidak menginterfensi urusan internal China.

Beberapa perusahaan teknologi China yang di blacklist oleh AS mengalami rebound pada hari Rabu (9/10). Meiya Pico, sebuah perusahaan forensik digital, bertahan pada 4,6% di Shenzhen setelah kehilangan 1,6% pada hari Selasa (8/10).

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa blacklist yang dilakukan oleh AS tidak memberikan efek yang besar pada operasional perusahaan.

Penerjemah: Chantika Rahmi

Editor: Irwan maftuhin

Follow Untuk Berita Up to Date