Rumah Ludes Terbakar, Nenek Nyaris Jadi Korban

Share this :

Kediri, koranmemo.com — Rumah milik salah satu warga Dusun Grojogan Desa Janti Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Marsini (80) ludes terbakar, Selasa (30/6) siang. Dalam kejadian ini Marsini berhasil diselamatkan dari kobaran api.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Kediri, Fanny Eryanto menjelaskan, pemilik rumah tidak lain Marsini berhasil diselamatkan sebelum api membesar dan menghanguskan bangunan rumah.

“Untuk kejadiannya, kami menerima informasi sekitar pukul 13.21 WIB. Personel PMK Kota Kediri tiba sekitar pukul 13.31 WIB dan memadamkan api sampai pukul 14.30 WIB,” jelasnya, saat dikonfirmasi Koranmemo.com.

Menurut Fanny, berdasarkan keterangan dari beberapa saksi serta pengakuan Marsini, kebakaran berawal saat Marsini sedang memasak dengan menggunakan perapian kayu. Diduga, karena kondisi Marsini yang sudah tua serta mengalami pikun, dia tidak sadar jika api dari perapian tersebut merembet ke perabotan rumah yang terbuat dari kayu.

Api yang merembet tidak hanya membakar perabotan saja, namun menyebar ke bagian rumah lainnya. “Beruntung, ada tetangga yang mengetahui kebakaran tersebut dan segera menyelamatkan Marsini yang masih berada di dalam rumah,” tuturnya.

Setelah menyelamatkan Marsini, kata Fanny, warga segera menghubungi PMK Kota Kediri melalui perangkat desa setempat. “Mendapat laporan tersebut, kami segera mengirimkan dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi,” tegasnya.

Saat memadamkan api, lanjutnya, personel sempat terkendala karena lokasi rumah yang berada di tengah pemukiman padat sehingga sulit dijangkau oleh kendaraan Damkar.

“Personel Damkar harus menarik selang sepanjang 80 meter ke rumah Marsini. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini, dan ai tidak merembet ke bangunan lainnya mengingat rumah warga yang cukup berdekatan. Akibat kejadian ini, kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 50 juta,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor :  Achmad Saichu