Rumah Kosong Ludes Terbakar

Kediri, koranmemo.com — Rumah yang berada di RT 01/RW 01 Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kota Kediri, ludes dilalap si jago merah, Kamis (9/5) sekitar pukul 09.00 WIB. Dari hasil pemeriksaan petugas pemadam kebakaran (damkar) Kota Kediri dan petugas Polsek Pesantren, api muncul akibat arus pendek.

Kapolsek Pesantren, Kompol Paidi Sadiarto menjelaskan, rumah tersebut dalam keadaan kosong dan tidak ada yang menempati. Meskipun demikian, aliras listrik tidak dimatikan ataupun diputus. “Dari keterangan saksi Hasyim (40) yang juga masih kerabat  pemilik rumah, sebelum api muncul, terlebih dahulu ada kepulan asap,” jelasnya, saat dikonfirmasi Koranmemo.com.

Melihat kepulan asap tersebut, Hasyim segera memeriksa ke lokasi kejadian. Ternyata, rumah milik Hadi Sutoyo (Almarhum) sudah terbakar. Karena antara rumah Hasyim dan rumah milik almarhum Hadi cukup dekat dan khawatir kobaran api merembet, ia segera menghubungi pihak kelurahan untuk melaporkan kejadian tersebut.

Pihak kelurahan melaporkan ke petugas  Polsek Pesantren dan melakukan koordinasi dengan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkam kobaran api. Dua unit mobil pemadam kebakaran baru berhasil menjinakkan api sekitar pukul 09.50 WIB. Untuk mengantisipasi munculnya titik api yang menyebabkan api kembali berkobar, petugas pemadam kebakaran melakukan pembasahan.

Menurut Paidi, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan kerugian material berkisar Rp 5 juta. Pasalnya, setelah pemilik meninggal dunia, kondisi bangunan tidak terawat dan ditumbuhi semak belukar. Selain itu, bangunan rumah juga terbuat dari papan dan beratap seng sehingga api cepat membesar dan membakar seluruh bangunan rumah.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu