Ruang Isolasi RS Rujukan di Kabupaten Madiun Penuh

Madiun, koranmemo.com – Kasus positif covid-19 terus bertambah, akibatnya tiga rumah sakit di Kabupaten Madiun yang menjadi rujukan pasien covid-19 kini penuh. Yakni, RSUD Caruban, RSUD Dolopo dan RS Paru Dungus.

Dari data persebaran Covid-19 di Kabupaten Madiun per Selasa (12/1) tercatat 492 kasus, terdiri dari 78 orang dirawat, isolasi mandiri 26 orang, sembuh 345 orang dan meninggal 43 orang.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro mengungkapkan, ruang isolasi di rumah sakit penuh karena juga menerima pasien dari luar kabupaten. Sehingga target maksimal 70 persen terlampaui.

“Bukan hanya orang Madiun saja, yang dirawat dari luar kabupaten juga banyak. Alasaannya, hanya kemanusiaan saja, kita harus terima pasien yang sakit dari manapun itu,” ungkapnya.

Ke depan, ruang isolasi di tiga rumah sakit rujukan tersebut akan ditambah. Tidak hanya ruangan yang dipersiapkan namun juga SDM harus siap beserta sarana prasarana.

Diketahui, RSUD Caruban saat ini proses penambahan ruangan yang semula hanya 17 tempat tidur (TT) ditambah 35 TT beserta Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana.

RS Paru Dungus juga dalam proses pembangunan rumah sakit lapangan yang diperkirakan muat 140 TT. Sedangkan untuk RSUD Dolopo terdapat 110 TT, untuk potensi penambahan ruangan ada namun masih membahas kesiapan SDM.

“Jika hanya penambahan ruangan tidak disertai SDM akan sangat tidak efektif. Makanya penambahan ruangan disesuaikan faktor lain seperti SDM, sarana prasarana dan lainnya,” bebernya.

Reporter : Feby Dian Nurrahayu Juremi
Editor : Della Cahaya