RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar Buka Jam Besuk, Ini Syaratnya

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Setelah sempat ditutup untuk antisipasi penyebaran Covid-19, RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar membuka kembali layanan besuk pasien. Hanya saja, syaratnya harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan corona.

Kepastian itu diungkapkan Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dr Endah Woro Utami MMRS melalui Wakil Direktur Umum dan Keuangan Gondo Suparno. “Sudah bisa membesuk hanya saja harus melalui protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Gondo Suparno.

Menurutnya protokol kesehatan yang dimaksud seperti 3 M. Yakni pembesuk wajib mengenakan masker, ketika hendak masuk ruangan wajib cuci tangan dan terakhir menjaga jarak. Untuk sarana dan prasarana seperti washtafel sudah ada di lokasi. Tetapi kalau untuk masker, pembesuk wajib membawa sendiri.

Selain itu, di beberapa lokasi juga ada alat cek suhu badan menggunakan thermo scanner. “Ketika di ruangan juga harus jaga jarak,” katanya.

Baca Juga: Dana Penanganan Covid-19 di Pemkab Ponorogo Menipis

Gondo juga menjelaskan lagi, meski sudah ada jadwal besuk, tetap ada pembatasan. Manajemen RSUD Ngudi Waluyo memberlakukan besuk sekali dalam sehari. Itu berbeda dengan sebelumnya yang dua kali jam besuk. Saat ini jam besuk yakni pukul 16.00 hingga pukul 18.00.

“Iya sebelumnya dua kali jam besuk. Tetapi sekarang hanya sekali saja dalam sehari. Selain itu, jumlah pembesuk juga dibatasi maksimal dua pembesuk untuk satu pasien saja,” katanya.

Sementara itu,, lanjut Gondo, ada aturan lain. Di antaranya soal adanya tempat transit. Tempat transit disediakan bagi keluarga pembesuk yang jumlahnya lebih dari satu. Dengan begitu pembesuk bisa masuk gantian.

“Di lokasi ada petugas kok yang siap untuk melayani. Juga bisa m untuk memberi arahan pada pembesuk. Mereka juga bertugas mengingatkan para pembesuk agar tetap mematuhi protokol kesehatan” lanjutnya.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Perpanjang Pesan Tiket

Manajemen, kata dia lagi, tak semua ruangan ada layanan besuk. Hanya beberapa saja. Kebijakan itu dalam rangka percepatan pemulihan dan agar tidak ada penularan. Di antara ruangan yang ada jam besuknya seperti ruang rawat inap anak, ruang rawat bersalin hingga ruang paviliun.

Sementara untuk ruangan isolasi penyakit menular tetap tidak ada jam besuk. Pasalnya ruangan tersebut harus steril.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi RSUD Ngudi Waluyo Wlingi di Jalan dr Sucipto Nomor 5 Wlingi. Telepon (0343-691006), faksimili (0342-691040). RSUD Ngudi Waluyo Wlingi melayani sepenuh hati. (Advrsudngudiwaluyo)

Reporter: Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu