Rp 1 M untuk Rekrutmen CPNS 2019 di Blitar

Blitar, koranmemoRekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) 2019 Kota Blitar sudah disiapkan. Pemerintah Kota (Pemkot) setempat sudah menganggarkan Rp 1 miliar untuk pelaksanaan rekrutmen itu.

Sekertaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Kusno mengatakan, penganggaran itu dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu pemerintah pusat secara resmi menjadwalkan rekrutmen. Pasalnya, sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) kapan proses rekrutmen tersebut dilaksanakan.

Menurut Kusno, proses rekrutmen membutuhkan dana cukup besar. Biaya sudah harus dikeluarkan sejak mulai pembentukan panitia hingga penyewaan komputer untuk tes seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT).

“Kita siapkan sekitar Rp 1 miliar. Jadi bila sewaktu-waktu ada informasi dari pusat kita tidak bingung lagi,” ungkap Kusno, Kamis (22/8),

Meski saat ini belum ada kejelasan informasi dari pemerintah pusat, dia yakin rekrutmen tetap ada meskipun jadwalnya mundur. Diperkirakan rekrutmen baru dimulai pada bulan Oktober mengingat pada rekrutmen tahun 2018 lalu juga berlangsung di bulan Oktober.

“Sekarang ini masih di tahapan pengajuan formasi ke pusat. Ketentuannya saat ini 70 persen untuk P3K dan 30 persen untuk CPNS,” jelasnya.

Seperti diketahui, Pemkot Blitar mengusulkan penambahan 267 pegawai pada rekrutmen CPNS dan P3K 2019. Usulan itu disesuaikan dengan jumlah pegawai di Pemkot Blitar yang pensiun tahun ini. Jumlah pegawai di Pemkot Blitar yang pensiun pada tahun ini sebanyak 141 orang. Lalu ditambah dengan pegawai yang pensiun pada tahun lalu, jumlah kekurangannya sekitar 267 orang.

Dalam usulan formasi itu kebutuhan pegawai paling banyak tetap guru. Kota Blitar memang masih kekurangan banyak guru, terutama guru kelas di SD. Sedangkan dalam penerimaan CPNS tahun sebelumnya, formasi untuk guru yang disetujui pemerintah pusat juga terbatas.

Reporter Zayyin Multazam Sukri

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date