Ribuan Buruh Ziarah di Makam Marsinah

Share this :

Nganjuk, koranmemo.comRibuan buruh dari berbagai daerah memperingati hari buruh internasional atau biasa disebut “May Day” dengan berziarah ke Makam Marsinah di Kabupaten Nganjuk. Para buruh dari Jawa Timur sampai Jawa Barat datang silih berganti ke makam yang berlokasi di Desa Nglundo Kecamatan Sukomoro, Selasa (1/5).

Selain berziarah, perwakilan buruh menerima draft dari Dinas Sosial (Dinsos) Nganjuk, terkait pengusulan gelar pahlawan nasional untuk Marsinah. Rombongan buruh asal Kabupaten Nganjuk maupun dari berbagai daerah terus berdatangan mulai pagi sampai sore memadati makam.Setibanya di makam Marsinah, rombongan buruh menaburkan bunga di pusara. Selanjutnya, salah satu buruh memimpin doa dan tahlil secara bersama-sama. Bahkan, ada juga perwakilan buruh yang memaparkan perjuangan almarhumah Marsinah semasa hidup. Hal itu dilakukan sebelum mereka berdoa bersama.

Data yang berhasil dihimpun, rombongan buruh di antaranya dari Kabupaten Gresik, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Probolinggo, Surabaya, Ponorogo, Jombang, Nganjuk, Semarang, hingga Jawa Barat. Rombongan tersebut ada yang terkoordinir dari serikat buruh, serta ada pula yang rombongan satu perusahaan atau pabrik.

Di sela-sela ziarah, rombongan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Jawa Timur, menerima penyerahan draft pengusulan Marsinah sebagai pahlawan nasional dari Dinsos setempat. Penyerahan draft merupakan wujud dukungan Pemkab Nganjuk atas tuntutan buruh selama ini agar Marsinah diberi gelar pahlawan nasional.

“Kami akan menindaklanjuti penyerahan draft pengusulan Marsinah sebagai pahlawan nasional. Persyaratan akan kami lengkapi terkait pengusulan pemberian gelar pahlawan kepada Marsinah sesuai prosedur,” ungkap Ahmad Shoim, Ketua Korwil KSBSI Jawa Timur.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu