Resmikan Serambi Tani, Bupati Kediri Minta Jaga Kualitas Produk

Kediri, koranmemo.com – Sebagai upaya mengenalkan pertanian dan holtikultura di Kabupaten Kediri, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri membuka swalayan tani yang disebut Serambi Tani. Swalayan tani berisi produk pertanian seperti sayur mayur,beras dan sayur organik, berbagai jenis buah lokal dan makanan dalam kemasan.

Selain sayur,buah,kopi dan makanan juga tersedia tanaman,pupuk dan wadah tanaman hias yang disiapkan di luar serambi tani. Serambi tani berada di lahan 10 X 10 meter berlantai dua dan dibangun sejak awal Juni lalu dengan dua lantai. Lantai dua berisi ruang rapat tertentu untuk Gapoktan dan Dispertabun.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mengatakan, yang perlu dicermati adalah kualitas produk dan isinya yang perlu dipertahankan. Serambi tani ini harus bisa dijadikan kumunikasi antar petani dengan Dispertabun Kabupaten Kediri. Adanya serambi tani juga bisa difungsikan menjual hasil gapoktan.

Bupati Kediri juga berharap petani harus menjaga produk yan dijual di Serambi Tani dan jangan sampai merugi terus. Petani bisa terbantu dengan adanya serambi tani di Dispertabun ini. Karena fungsinya membantu petani menjual produk utamanya milik kelompok tani di Kabupaten Kediri.

“Harus dimaksimalkan isinya untuk swalayan serambi tani. Karenanya kualitas produk perlu ditingkatkan agar nilai jual tinggi dan petani bisa menikmati hasilnya dan meningkat ekonomi dan kesejahteraan hidupnya. Kita berharap isi produk yang dijual di Serambi Tani harganya terjangkau,” jelasnya.

Anang Widodo Kepala Dispertabun Kabupaten Kediri mengatakan adanya serambi tani ini bisa mengkumunikasikan petani Kabupaten Kediri dengan masyarakatnya. Bisa juga menjadi klinik kunsultasi edukasi bagi petani di Kabupaten Kediri. Untuk pertama kali secara umum belum lengkap semua produk.

Secara bertahap nanti produknya bisa masuk dan strategi pemasaran adalah harian dan ada sayuran segar yang dibelanjakan. Produk mingguan bisa diartikan untuk belanja buah untuk produk lokal Kabupaten Kediri. Sementara seasoning atau musiman dan ini produk yang ditawarkan saat musim buah tertentu misal durian,rambutan,papaya dan nanas.
“Apa yang diharapkan Bupati bisa menjadi pembuka sinergi petani dengan pihak terkait. Serambi tani bisa diartikan sebagai alternatif pusat oleh-oleh Kabupaten Kediri dalam produk pangan. Selama ini produk pangan segar masih kurang dan di tempat ini bisa dijadikan tujuan oleh-oleh pangan segar,” ujarnya.(Adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date