Rehab Rumah, Bupati Rijanto Ikut Ayak Pasir dan Angkut Kayu

Share this :

Blitar, Koranmemo.com – Di tengah kesibukannya menangani pemerintahan di Kabupaten Blitar, Bupati Blitar Rijanto menyempatkan diri blusukan ke kampung. Selain menekuni hobi gowesnya, orang nomor satu di Pemkab Blitar itu ikut gotong royong membangun rumah milik salah satu warganya.

Rumah itu milik Tukijan. Pria berusia 80 tahun yang tinggal di rumah reyot di Desa Maliran, Kecamatan Ponggok. “Iya hari ini kami membantu gotong royong  pembangunan rumah milik Mbah Tukijan. Gotong royong bersama warga yang kebetulan ada kerja bakti bangun rumah layak huni,” kata Rijanto, Minggu (16/8).

Selama ini setiap ada waktu luang, Rijanto selalu gowes bersama menelusuri desa-desa di Kabupaten Blitar. Rombongan gowes Rijanto berangkat dari Pendapa Ronggo Hadinegoro langsung ke Maliran. Tak lama kemudian akhirnya rombongan sampai ke rumah Tukijan.

Tanpa canggung mantan kepala dinas pendidikan  Kabupaten Blitar ini  berbaur dengan warga, bahkan ikut mengangkat kayu hingga menyaring atau mengayak  pasir. Suasana tambah akrab. Dalam kesempatan itu Rijanto mengapresiasi kekompakan warga dan muspika dan Yayasan Peduli Kasih. Bupati Rijanto pun mengeluarkan uang pribadinya Rp5 juta untuk pembangunan rumah. Rencananya pembangunan kelar dalam waktu seminggu.

“Gotong royong seperti inilah yang harus kita pertahankan. Ciri khas warga Kabupaten Blitar itu gotong royong dan rukun,” katanya.

Sementara itu rumah Mbah Tukijan diketahui sudah dalam kondisi tak layak huni sekitar awal bulan  lalu. Kondisi ekonomi menjadikan Tukijan tak bisa memperbaiki rumahnya. Selama ini menggantungkan hidupnya sebagai buruh tani. Selama masa pembangunan sementara numpang ke rumah tetangganya. (Advkmf)

Reporter: Abdul aziz wahyudi

Editor: Della Cahaya