Rehab Irigasi, Tingkatkan Produksi Pertanian

Share this :

Lumajang, koranmemo.comPemkab Lumajang melalui Dinas Pertanian (Distan) memulai peletakan batu pertama rehabilitasi jaringan irigasi lahan pertanian di Dusun Umpak, Desa Tanggung, Kecamatan Padang, Rabu (18/4).

Camat Padang, Trikondo Cahyono mengatakan, rehabilitasi jaringan irigasi merupakan kegiatan perbaikan untuk mengembalikan fungsi dan pelayanan irigasi dibidang pertanian seperti semula.

Trikondo juga mengatakan bahwa pelaksanaan rehabilitasi jaringan irigasi ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Padang TA 2018, juga sharing dengan dana swadaya Kelompok Usaha Tani Wargo Manunggal di Dusun Umpak, Desa Tanggung.

“Rehabilitasi jaringan irigasi dari dana APBN akan menghasilkan bangunan sekitar 166 meter persegi. Kemudian rehabilitasi dari dana swadaya akan menghasilkan bangunan sekitar 20 meter persegi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Usaha Tani Wargo Mulyo Syarifudin, mengatakan, terealisasinya  rehabilitasi jaringan irigasi ini diharapkan bisa lebih menjamin pemenuhan kebutuhan air bagi para petani untuk meningkatkan intensitas tanamannya.

Reporter : Abd Halim, Sp

Editor: Gimo Hadiwibowo