Realisasi Kiprah dan Capaian Perempuan

Share this :

Sosialisasi Forum PUSPA 2019

Kediri, koranmemo.com – Mungkin masih belum banyak yang mendengar nama organisasi PUSPA, yang memiliki kepanjangan Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak. Wajar saja karena susunan kepengurusan organiasi baru akan dibentuk pada bula Februari mendatang. Seperti namanya, PUSPA ini akan berfokus pada peningkatan peran perempuan dan kesejahteraan anak.

Awal pembentukan Organisasi ini baru dilakukan pada Sosialisasi Forum PUSPA pada Selasa (22/1) kemarin. Di sana dibahas beberapa pandangan yang akan menjadi rencana atau fokus kerja PUSPA pada tahun 2019 ini.

Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraana Keluarga (TP PKK) Kota Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar  pada kesempatan tersebut mengatakan organisasi ini harus memiliki pandangan yang jelas khusunya pada kesetaraan perempua. “Para wanita harus punya goals yang jelas, kiprah yang real dan tepat, sehingga programnya mendapat dukungan berbagai pihak,” tukasnya.

Bahwa diketahui saat ini kesempatan perempuan untuk memajukan sebuah daerah sudah setara dengan pria. Sebagi contohnya sudah ada pemimpin daerah perempuan serta di lingkungan Pemerintahan Kota Kediri memiliki kurang lebih 35 persen perempuan yang mengisi posisi pejabat struktural.

Pada Desember 2018 lalu Kota Kediri juga menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Penghargaan ini didapat dari Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Kota Kediri.

Untuk memberdayakan perempuan, banyak kegiatan di Kota Kediri yang meibatkan perempuan, baik dari TP PKK dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW). Kegiatan dimaksud seperti seminar, pelatihan kerajinan, dan kegiatan lain seperti perlombaan. Diharapakan melalui organisasi ini kesetaraan gender lebih terarah dan memiliki peran baik untuk kemajuan Kota Kediri.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya