Razia Mamin: Temukan Produk Kedaluwarsa, Kemasan Penyok Hingga Jamuran

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Menjelang lebaran Idul Fitri 1440 H, petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP Kabupaten Jombang serta tim kesehatan, menggelar razia makanan dan minuman (mamin) dengan menyisir toko-toko yang menjajakan produk mamin di Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, Selasa (21/5).

Razia digelar untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat, agar terhindar dari bahaya mengkonsumsi mamin tak layak pada ramadan dan jelang lebaran tahun ini.Hasilnya, petugas menemukan mamin tak layak konsumsi, dengan kondisi kedaluwarsa dimana harusnya batas konsumsi tahun 2018 lalu, namun saat ini masih dijajakan. Selain itu juga terdapat kue yang kaleng kemasannya sudah penyok serta roti dalam kondisi jamuran.

Kemudian, mamin tak layak konsumsi tersebut ditarik oleh petugas. Sedangkan penjualnya diberi teguran agar tidak kembali menjajakannya. “Karena apabila dibiarkan sangat berbahaya,” kata Kapolsek Diwek AKP Bambang Setyo Budi kepada wartawan di sela razia.

Bambang menjelaskan, razia dilakukan dengan menyisir minimarket dan toko-toko  di wilayah Desa Cukir Kecamatan Diwek. Saat memeriksa satu per satu mamin yang dijajakan, petugas akhirnya menemukan mamin tak layak.

“Ada jajanan wafer yang kemasannya penyok, ada juga makanan kaleng yang sudah kedaluwarsa sejak 3 Oktober 2018 lalu,” papar Bambang.

Kendati hanya diberi teguran, petugas menyatakan akan menindak tegas jika dalam razia berikutnya toko membandel dan tetap kedapatan menjual mamin tak layak.”Masyarakat juga kami imbau agar teliti saat membeli produk mamin,” pungkas Bambang.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu