Ratusan Warga Demo Tuntut Kades Krompol Mundur

Share this :

Ngawi, koranmemo.com – Ratusan warga Desa Krompol Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi menggelar aksi unjuk rasa di depan Kecamatan Bringin dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi, Senin (6/1).

Mereka menuntut Kepala Desa Krompol Eko Suprabowo mundur dari jabatannya. Lantaran, dinilai tidak transparan dalam keuangan dan pembangunan di desa.

“Kami menuntut pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa (DD) dan Dana Anggaran Desa (ADD) Tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018, Transparansi pengelolaan dan penggunaan aset desa,” kata Suyadi salah satu perwakilan warga Desa Krompol.

Dikatakan, warga juga kecewa, karena ada salah satu oknum perangkat desa masih diangkat menjadi kaur umum. Selain itu, adanya dugaan Camat Bringin Supriyadi ikut membela Kades setempat.

“Kami menuntut mundur Kepala Desa Krompol serta meminta pertanggungjawaban Camat Bringin yang telah mendukung Kepala Desa Krompol,” katanya.

Sementara itu, Camat Bringin Supriyadi dikonfirmasi mengatakan pihaknya akan menampung aspirasi warga. Kecamatan sudah melakukan fasilitasi sebanyak dua kali.

“Saya berusaha netral apabila warga masih menginginkan itu maka kita kembalikan ke desa lagi karena untuk memberhentikan kaur umum tersebut kepala desa bukan camat,” ujarnya.

Terpisah Kabul Tunggul Winarno Kepala DPMD Ngawi menuturkan hasil audensi dengan perwakilan warga Desa Krompol,  pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait. “Sehingga permasalahan tersebut bisa terselesaikan dan tidak melebar,” ujarnya.

Terkait masalah perangkat desa, jelasnya, secara aturan main bisa dimutasi sehingga untuk menyikapi itu harus perlu kajian. Sebab untuk mantan nara pidana diperbolehkan, karena ancamanya lima tahun penjara dan apa yang dilakukan desa mengenai asumsi saya itu sudah benar. “Itu kewenangan kepala desa,” tandasnya.

Reporter Andika Abdilah/Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date