Ratusan Usaha Pengobatan Tradisional Belum Berizin

Blitar, koranmemo.com – Sebanyak 400 lebih usaha pengobatan tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Blitar ternyata belum mempunyai izin, jenis pengobatan tradisional seperti tukang pijat, akupuntur, akupresur, pengobatan herbal bekam peracik jamu tradisional dan pijat bayi saat ini jumlahnya 400 lebih di Kabupaten Blitar dan belum ada satupun yang memiliki izin dari Dinas Kesehatan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Dr. Christine Indrawati mengatakan, rata-rata mereka belum mengetahui cara pengurusan izin. “Kebanyakan dari mereka belum mengetahui cara mengurus ijin,” ungkapnya.

Ditambahkan,  pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan PTSP untuk mengeluarkan tanda daftar pengobat tradisional izin usaha akan diproses pihak DPM dan PTSP sedangkan dinas kesehatan akan melakukan pengecekan dan pembinaan para pemilik usaha pengobatan tradisional agar pengobatan yang mereka lakukan dapat dipastikan aman.

“Dari 400 usaha pengobatan tradisional itu 200 diantaranya sudah mendapatkan sosialisasi dan akan segera memproses perijinan usaha mereka,” imbuhnya.

Reproter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.