Ratusan Relawan Latihan Tanggap Bencana

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Memasuki musim hujan yang rawan cuaca buruk dan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk menggelar pelatihan tanggap bencana, Kamis (29/11). Ratusan relawan utusan dari sejumlah desa yang hadir diberi pengetahuan seputar penanggulangan dan kesiapsiagaan bencana.

Terlihat para relawan dengan serius mengikuti jalannya pelatihan desa tangguh bencana ini. Mereka merupakan utusan dari 12 desa di empat kecamatan yang masuk ke dalam daerah dengan kategori rawan bencana.

“Ratusan relawan yang diberi pengetahuan tentang penanggulangan dan kesiapsiagaan bencana ini, diharap selalu tanggap dan siaga dalam mengantisipasi serta menangani bencana,” ungkap Nugroho, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Nganjuk.

Selama proses pelatihan para relawan mengikuti berbagai sesi materi. Mulai pengetahuan tentang manajemen penanggulangan bencana, pertolongan pencarian dan evakuasi korban, keterampilan-keterampilan pertolongan, serta kesiapsiagaan bencana.

Materi-materi tersebut disampaikan di dalam ruangan dan di lapangan, serta di lokasi praktik evakuasi korban bencana.

Pelatihan yang berlangsung tiga hari ini bertujuan mencetak relawan yang tangguh terhadap bencana, mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim hujan yang berpeluang besar terjadinya bencana.

“BPBD Nganjuk akan berusaha untuk selalu melaksanakan pelatihan seperti ini. Tujuannya untuk menambah pengetahuan relawan, sehingga tugas dan fungsi BPBD bisa terbantu dengan semakin banyaknya relawan-relawan tangguh bencana tersebut,” pungkasnya.

Reporter Andik Sukaca
Editor Achmad Saichu