Ratusan Optik di Kabupaten Blitar Tak Terdaftar di Dinkes

Blitar, koranmemo.com – Ratusan usaha optik yang tersebar di wilayah Kabupaten Blitar ternyata tidak terdaftar di Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr. Cristin Indrawati menjelaskan sesuai pemantauan di lapangan pihaknya telah mencatat ada ratusan usaha optik yang sudah cukup lama beroperasi namun mereka belum terdaftar di Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

“Kami pantau dan cek di lapangan meskipun sudah berdiri cukup lama, ternyata sampai sekarang juga belum terdaftar di Dinas Kesehatan,” kata dr. Cristin Indrawati,Kamis (13/7).

Menurutnya hal ini dikarenakan belum ada aturan resmi dari Kemenkes soal perizinan usaha optik, namun dikatakannya hanya ada ketentuan pemilik usaha optik harus menyertakan surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan karena usaha ini menyangkut medis.

“Meskipun aturan resmi dari Kemenkes soal perizinan usaha optik belum ada, kami tetap mengimbau untuk melaporkan kepada Dinkes sebagai bentuk rekomendasi usaha,” jelasnya.

Selain itu menurutnya, saat ini mereka yang memiliki usaha optik hanya melakukan perizinan usaha pendirian optik di Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kabupaten Blitar tanpa meminta surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan.

“Sehingga kami juga kesulitan untuk mengetahui berapa usaha optik yang berizin resmi dan tidak, karena mereka hanya izin usaha saja tanpa meminta rekomendasi dari Dinkes,” ujarnya.

Selain itu menurutnya selama ini pihaknya juga merasa kesulitan untuk memantau aktifitas di optik yang ada di Kabupaten Blitar yang jumlahnya ratusan, sehingga kedepanya pihaknya berharap segera ada aturan resmi soal optik untuk melindungi dan menjaga konsumen atau pasien jangan sampai terjadi yang tidak diinginkan.

“Ini demi keselamatan dan keamanan konsumen dan pasien, karena bagaimanapun usaha optik ini juga berkaitan dengan medis,” pungkasnya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.