Ratusan Massa Kepung Pencuri, Polisi Kesulitan Evakuasi

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com – Mohammad Eko Jaka Ariyanto pemuda asal RT 14 RW 03 Dusun Urangagug Desa Sumberejo Kec. Wonoayu, Sidoarjo diamankan petugas Polresta Sidoarjo.

Pasalnya, pria 23 tahun tersebut kedapatan mencuri sejumlah produk kecantikan di toko waralaba di Dusun Ngemplak Lor RT 06 RW 02, Desa Wonokasian, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, Selasa (25/09/2018) malam.

Di desa setempat, sering terjadi pencurian. Kabar tertangkapnya pelaku pencurian terdengar cepat ditelinga warga. Ratusan massa dengan cepat bergerombol di sekitar toko waralaba tersebut.

Evakuasi pelaku terbilang sulit. Ratusan warga yang geram tersebut membuat aparat kepolisian kesulitan untuk mengamankan pelaku yang sudah tertangkap untuk keluar dari toko tersebut.

Saking banyaknya massa yang berkerumun di lokasi kejadian, beberapa anggota polsek dari Polsek Sukodono, Wonoayu, Krian, Tulangan, Prambon dan Kota dikerahkan kelokasi untuk mengevakuasi pelaku.

Namun, petugas masih kesulitan karena pintu alfamart dipadati massa.

Di lokasi, juga terpantau sempat terjadi aksi dorong antara massa dan petugas. Aksi tersebut sebagai kekesalan warga karena di desa tersebut sering diobok-obok oleh pencuri. “Sering ada pencuri tapi tidak pernah tertangkap. Dulu ada pencurian padi (gabah), motor sampai gendam, pelakunya kabur tidak tertangkap,” terang Imron (50) warga setempat.

Saat ini pelaku masih menjalani pemeriksaan di Unit Resmob Satreskrim Polresta Sidoarjo. Saat melakukan pencurian, pelaku tidak sendirian. Pelakunya ada 3 orang yang masuk ke Alfamart dan 1 orang menunggu di mobil Suzuki Ertiga.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sebelum beraksi, mobil pelaku diparkir di utara Alfamart atau tepatnya depan SDN Wonokasian Kec. Wonoayu. Kemudian tiga pelaku keluar mobil masuk Alfamart bersamaan.

Di dalam, ketiganya mengambil barang-barang seperti layaknya pembeli. Sejurus kemudian, satu persatu pelaku keluar toko tanpa membayar barang yang diambil.

“Saya teriaki maling. Pelaku dua kabur. Yang satu ini tertangkap,” terang kasir Alfamart bernama Tri Arifta (27) asal Desa Sawocangkring Wonoayu

Sementara itu, Kapolsek Wonoayu AKP A Agung Gede Putra menyebut barang bukti yang berhasil diamankan dari pelaku adalah produk kecantikan khusus wanita. Antara lain sabun muka, krim pemutih, minyak wangi wanita dan perlengkapan perawatan rambut khusus wanita lainnya.

“Total keseluruhan barang bukti yang diamankan sebanyak 42 pcs dengan total kerugian seharga Rp. 650 ribu,” terang Kapolsek Wonoayu, AKP A Agung Gede Putra.

Dari pengakuan tersangka Eko sebelum beraksi, dirinya dijemput oleh Su, temannya asal Sepande, Candi, Sidoarjo. Setelahnya, mereka berempat dengan lain menaiki mobil rental jenis Suzuki Ertiga.

“Sasaran yang dicuri memang untuk kebutuhan sehari-hari seperti parfum dan lainnya,” ungkap mantan Kasir Propam Polres

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji menegaskan, saat ini masih melakukan penyelidikan yang mendalam terkait kasus ini.

“Kasusnya masih dikembangkan, tunggu waktunya sampai terungkap dan para pelaku diamankan,” papar Himawan yang semalam memimpin langsung evakuasi pelaku dari  kerumunan ratusan massa yang ada di depan Alfamart Wonokasihan Wonoayu.

Pihaknya saat ini juga memburu ketiga temannya yang diduga merupakan komplotannya. Mereka diketahui berinisial Ke, Ko dan Su pemuda asal Desa Sepande Kec. Candi tersebut.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu