Rapid Test di 6 Fasum, Puluhan Warga Ponorogo Reaktif Covid-19

Share this :

Ponorogo, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menggencarkan rapid tes masal di sejumlah titik fasilitas umum (Fasum). Pasalnya, mendekati lebaran ini, warga Ponorogo justru tidak mengindahkan protokol kesehatan pandemi Covid-19, dan lebih memilih berkerumun.

Tercatat, 6 titik fasilitas umum seperti pasar tradisional, swalayan, dan masjid di wilayah Kota Ponorogo di sasar Satgas Covid-19 untuk menggelar rapid tes masal yang dilakukan secara acak kepada pengunjung. Tak tangung-tangung 36 warga dari 360 sampel yang dirapid tes miliki hasil reaktif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo dr Rahayu Kusdarini mengatakan, ke 36 orang reaktif rapid tes ini ditemukan hampir disemua tempat ramai yang didatangi warga. Pihaknya pun telah melakukan upaya untuk mengisolasi ke 36 orang ini secara berkelompok di fasilitas isolasi yang disediakan. “Kemarin kita lakukan. Hampir semua tempat kita temukan. Ini kita upayakan isolasi secara berkelompok,” ujarnya, Rabu (20/5).

Irin mengungkapkan, selain tempat umum pihaknya juga melakukan rapis tes masal secara acak di instansi pemerintah. “Hari ini instansi, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri,” tambahnya.

Disisi lain, ia pun mengaku prihatin dengan banyaknya warga yang tidak mengindahkan ancaman Covid-19. Kendati kini di Ponorogo angka warga terkonfirmasi positif terus bertambah.” Ini yang kami sayangkan. Protokol kesehatan sudah tidak lagi diindahkan,” pungkasnya.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date