Rapat Paripurna DPRD Surabaya Sahkan 8 Fraksi

Surabaya, koranmemo.com – DPRD Kota Surabaya menggelar rapat paripurna pembentukan Fraksi di Gedung DPRD setempat, Senin (2/9). Kegiatan tersebut diikuti seluruh anggota Dewan, dan dihadiri ASN (Aparatur Sipil Negara) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Ketua DPRD sementara Kota Surabaya, Dominikus Adi Sutarwijono mengatakan bahwa, dari pembentukan ini sudah disahkan pada gelar rapat Paripurna terdapat 8 Fraksi masing-masing: Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Fraksi Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Gerindra, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi Golongan Karya  (Golkar), Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Fraksi Demokrat – Nasional Demokrat (Nasdem) dan Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) – Partai Persatuan Pembangunan (PPP)”Kita memang agendanya hanya dalam pengumuman Fraksi pada rapat Paripurna tersebut,” terang Adi saat diwawancarai wartawan di Gedung DPRD Kota Surabaya, Senin (2/9/2019).

Adi Sutarwijono menjelaskan, pada tahapan berikutnya setelah disahkan, yaitu mengenai pembuatan tatib DPRD Surabaya.

“Jadi, besok kita akan undang para pimpinan atau Ketua Fraksi dalam membicarakan tatib kedewanan yang kemungkinan ada tambahan atau kekurangan dari pada tatib itu sendiri,” kata politisi partai PDI Perjuangan dua periode 2019-2024 ini.

Mengenai penunjukan Ketua Komisi, Awi sapaan Adi Sutarwijono menyebut hal ini bukan kewenangannya selaku ketua DPRD Surabaya sementara, namun pada pembentukan ketua komisi tersebut akan dilakukannya ketika  Ketua DPRD definitif telah ditentukan.

“Kami tetap mengacu pada peraturan pemerintah (PP) No.12 tahun 2018 dalam tatib kedewanan. Dan tugas dari Ketua DPRD sementara ada 4, tidak termasuk pada pembentukan komisi,” tutur Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini.
.

Reporter M Fauzi
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date