Gubernur Jawa Timur Gelar Rakor Percepatan Penanganan Covid-19

Share this :

Batu, koranmemo.com – Upaya penanggulangan Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Salah satunya dengan diselenggarakannya Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur di Klub Bunga Butik Resort, Kota Batu, Jumat (11/9). Kegiatan tersebut turut menghadirkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, pasien terkonfirmasi Covid-19 yang diisolasi secara mandiri harus dipastikan fasilitas di rumahnya benar-benar memungkinkan untuk isolasi mandiri.

“Kalau di rumah itu tidak dipastikan, mereka berada pada kamar tersendiri dengan ventilasi yang baik dan dengan suplai gizi yang baik. Maka ayolah ke tempat dimana Pemerintah Kabupaten/Kota sudah siapkan. Apakah tempat observasi atau Rumah Sakit,” ujarnya.

Gubernur Khofifah meminta kepada pemimpin daerah untuk membangun pemahaman kepada masyarakat terkait isolasi mandiri. Serta menyampaikan informasi dengan tepat, jika fasilitas isolasi mandiri tidak memadai, maka penanganan di RS tidak dikenakan biaya.

“Mungkin mereka lebih senang bersama keluarganya. Mungkin mereka khawatir kalau di Rumah Sakit akan membayar. Informasinya harus komprehensif. Kalau ventilasi di kamar di rumahnya tidak mendukung, kalau sanitasinya tidak mendukung maka ayolah ke Rumah Sakit. Semuanya free of charge (gratis). Pesan-pesan ini harus sampai supaya menghindarkan kemungkinan terjadinya penularan di dalam keluarga,” tuturnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor: Della Cahaya