Puting Beliung Terjang Desa Nglele: 3 Warga Terluka, Puluhan Rumah Rusak 

Jombang, koranmemo.com – Hujan lebat disertai angin puting beliung, menerjang Desa Nglele Kecamatan Sumobito, Sabtu (30/11). Akibatnya, puluhan rumah rusak, serta sejumlah warga dilaporkan mengalami luka.

Kepala Desa Nglele Choirul Misbahi mengatakan, hujan lebat mengguyur desa setempat sejak sekitar pukul 14.00 WIB. Selang beberapa menit kemudian, angin kencang datang dari arah timur.”Hanya hitungan detik terus berhenti tinggal hujan lebat. Sampai sekitar jam setengah tiga (14.30 WIB) hujan sudah reda. Nah setelah itu mulai ada laporan banyak rumah warga yang rusak,” katanya saat diwawancarai sejumlah awak media, Sabtu (30/11) sore.

Dari data yang diterima, rumah rusak terjadi di dua dusun. Di Dusun Nglele terdapat 15 rumah rusak, dan di Dusun Ngerumek Desa ada 7 rumah yang rusak. “Terparah ada di Dusun Ngerumek, dengan kerusakan parah ada satu rumah yang sampai 70-80 persen kerusakan,” papar Choirul.

Selain merusak 22 rumah, lanjut Choirul, terdapat tiga warganya yang dilaporkan menjadi korban pada peristiwa tersebut. Tiga korban tersebut adalah keluarga dari Iswandi, warga Dusun/Desa Nglele, yang terdiri dari ibu dan anaknya. Keduanya mengalami luka di bagian kepala karena tertimpa atap rumah.

Kemudian lainnya adalah Mustain (45) warga Dusun Ngerumek, mengalami luka karena jatuh dari pohon saat membersihkan sisa reruntuhan ranting pohon. “Korban mengalami luka-luka di bawa ke rumah sakit Unipdu Peterongan,” ujarnya.

Sementara, salah satu rumah yang mengalami kerusakan parah terdapat di Dusun Ngerumek. Rumah milik warga bernama Khamim mengalami kerusakan parah di bagian atap. Atap rumah berbahan galvalum ini lepas tersapu angin. “Atap langsung hilang kesapu angin. Perkiraan dua menitan,” tutur Bahrul Ulum (27), anak dari Khamim.

Saat ini, menurut Bahrul Ulum, penghuni rumah sebanyak 5 jiwa, memilih mengungsi di rumah saudara yang berada di dusun tersebut. “Kami berharap ada bantuan dari pemerintah,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date